5 Karakteristik Perbedaan Chair dan Seat yang Patutnya Diketahui

Mungkin banyak pembelajar bahasa Inggris yang tidak terlalu menghiraukan perbedaan antara kata chair dan seat. Sebenarnya keduanya sering kita dapati baik itu di rumah, di perkantoran, di sekolah, di kampus , di bis, di stadium, di ruang tunggu dan lain-lain. Kedua kata tersebut sekilas tampak serupa dalam penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris, tapi apabila kita cermati lebih dekat kedua kata tersebut sebenarnya memiliki perbedaan.

Lantas, apa saja yang perlu kita ketahui agar dapat membedakan antara kedua kata tersebut? Apakah arti dari chair dan seat berbeda? Apakah makna dari chair dan seat berbeda pula? Dan Apakah penggunaannya juga berbeda?


Beberapa catatan saya berikut ini mungkin dapat membantu sobat membedakannya dengan melihat dari berbagai sudut pandang sebagai berikut.

Persamaan
Perbedaan, dan
Karakteristik

Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan di bawah ini:


Persamaan

Apabila sobat mengetikan kedua kata tersebut pada mesin penerjemah, hasilnya, kedua kata tersebut memiliki definisi yang hampir sama yaitu kursi atau tempat duduk. Dengan kata lain, keduanya merupakan sebuah tempat untuk diduduki. Baik itu chair maupun seat berhubungan dengan yang namanya posisi duduk.

Penggunaan chair dan seat
Penggunaan chair dan seat - langitbirukata.com

Menurut sobat, apakah gambar di atas chair? Ataukah seat? Masih ragu dengan jawaban sobat? Untuk menjawabnya silakan membaca penjelasan berikutnya.

Perbedaan

Lalu apa perbedaan antara kedua kata tersebut. Berikut definisi menurut kamus berbahasa Inggris, Cambridge online:

Chair adalah bagian dari perabotan dalam rumah, kantor atau bangunan lainnya ataupun sesuatu dimana seseorang duduk, memiliki sandaran serta mempunyai empat kaki dan biasanya dilengkapi dengan dua lengan.

Sedangkan,

Seat adalah bagian dari perlengkapan biasanya terdapat di sebuah kereta api, di pesawat, di bioskop di ruang tunggu, di mobil atau lainnya. Sesuatu yang didesain untuk diduduki.

Bagaimana sudah jelas perbedaannya? Masih belum? Mari kita simak penjelasan yang lebih terperinci. apa saja yang menjadi perbedaan mendasar antara keduanya dengan melihat karakteristik dari kedua kata tersebut.

Karakteristik

Kita akan lihat perbedaan karakteristik antara chair dan seat dengan melihat di tabel berikut:

Penjelasan Chair Seat
Definisi Memiliki cakupan makna yang sempit. Memiliki cakupan makna yang luas.
Cakupan Hanya merujuk pada satu jenis tempat duduk. Merujuk pada semua jenis tempat duduk.
Makna Sebagai benda material untuk diduduki. Sebagai ruang tempat untuk diduduki.
Arti Mempunyai arti 'kursi' Mempunyai arti ' tempat duduk'
Materi Bersifat material yang dapat berbentuk kayu, besi, plastik atau lainnya. Bukan bersifat material di manapun bisa duduk seperti di kursi, sofa, bangku atau lainnya.
Bentuk Memiliki satu bentuk dengan sebuah sandaran, empat kaki, dan dua lengan. Memiliki banyak bentuk tidak hanya merujuk pada satu jenis tempat duduk.

Lebih singkat, secara pengertian, perbedaan makna antara chair dan seat adalah seperti berikut:

Chair biasanya diterjemahkan sebagai kursi', sedangkan seat sering diterjemahkan 'tempat duduk'.

Lihat perbedaan penggunaan kedua kata tersebut dalam beberapa kalimat berikut:


Is this your chair?
Apakah “kursi” ini milikmu?

She usually sits on that chair.
Dia biasanya duduk di kursi itu.

Is this seat taken?
Apakah “tempat duduk” ini kosong?

She occupies my seat.Dia menempati tempat duduk ku.

Sebagai kesimpulannya dari penjelasan di atas bahwa seat dapat berupa kursi, bangku, dan lainnya. Sedangkan, chair adalah bagian dari seat.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga menjawab rasa ingin tahu sobat. Apabila masih ada pertanyaan mengenai kedua kata tersebit, silakan ajukan di kolom komentar dibawah.


Referensi:

Cambridge Dictionary. http://dictionary.cambridge.org/ (Accessed 2016-07-20)

Langit Biru Not every single day but only were dark clouds and tears in raindrops. After a while the rainbow came out and turned to the blue sky. With all this, he just wishes to share. 
Buy Me a Cup of Coffee

2 Responses to "5 Karakteristik Perbedaan Chair dan Seat yang Patutnya Diketahui "

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel