Istilah Fisika dalam Bahasa Inggris yang Mungkin Kamu Cari

Di mata kebanyakan para pelajar, termasuk saya sendiri dulunya, beranggapan bahwa fisika itu susah. Bayangan rumus-rumus sepertinya memenuhi kepala seketika setiap kali mendengar kata fisika.

Rumus-rumus fisika sebenarnya merupakan buah dari pemahaman dan pengertian kita tentang fisika. Dengan kata lain, fisika memerlukan pemikiran mendalam, visualisasi, memahami konsepnya, lalu bereksperimen dengan ide tersebut secara logis dan kemudian, lahirlah sebuah rumus fisika.

Fisika, berasal dari bahasa yunani fysikós, merupakan ilmu alam yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya.

Tujuan utama fisika bukanlah sekedar menghafal rumus-rumus dan mengerjakan soal-soal fisika layaknya hitungan matematika, tapi lebih dari itu, kita sebenarnya mempelajari dan memahami bagaimana alam semesta bekerja.

Betapa luar biasa alam dan isinya serta detil-detilnya yang mungkin kita tidak pernah terbayangkan sebelumnya ketika kita mempelajari fisika.

Istilah Fisika Bahasa Inggris
Istilah Fisika Bahasa Inggris langitbirukata.com
Dalam mempelajari fisika, kita akan mendapati sekumpulan istilah fisika yang membantu kita memahami keilmuan yang satu ini dengan lebih baik.

Selain mempelajari istilah fisika dalam bahasa Indonesia, apabila sobat ingin membaca sumber atau referensi lebih luas lagi, kamu dapat berkenalan dengan beberapa istilah fisika dalam bahasa Inggris.

Dengan mengenal istilah bahasa Inggrisnya, kamu dapat menjelajah internet untuk mempelajari fisika dalam pengantar bahasa Inggris dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu kamu dapat ikut nimbrung di sebuah komunitas yang membahas fisika, yang anggotanya dari berbagai negara.

Berikut beberapa istilah fisika dalam bahasa Inggris serta penjelasan dan artinya dalam bahasa Indonesia yang setidaknya kamu tahu:


Istilah Fisika dalam Bahasa Inggris


Indonesia Inggris Description Penjelasan
Berat Weight The force of gravity on an object. Measurement is Newton Besarnya gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda. Ukurannya adalah dalam Newton.
Daya Power A measurement of the rate at which energy is used. Power is calculated by dividing work over time. Kecepatan melakukan usaha atau kemampuan untuk melakukan usaha tiap satuan waktu.
Energi Energy Energy is the ability to do work. Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha.
Energi Potensial Potential Energy Potential energy is the energy stored by an object due to its state or position. Energi yang tersimpan di dalam suatu benda (materi) karena kedudukan atau keadaan benda tersebut
Energi Kinetik Kinetic Energy The energy of an object has due to its motion. Energi yang dimiliki oleh sebuah benda karena gerakannya.
Gaya Force the measurement of a push or pull on an object. Besaran tarikan atau dorongan pada suatu benda.
Gesekan Friction the resistance of motion when one object rubs against another. Ketika dua benda saling bersentuhan.
Gravitasi Gravity a force caused when the mass of physical bodies attract each other. Sebuah gaya yang disebabkan oleh massa dari benda yang tarik menarik.
Hukum Gerak Pertama First law of motion - any object in motion will continue to move in the same direction and speed unless external forces act on it. Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya
Hukum Gerak Kedua Second law of motion the greater the mass of an object, the more force it will take to accelerate the object. Semakin besar massa dari suatu objek, Semakin besar gaya yang mempercepat objek tersebut.
Hukum Gerak Ketiga Third law of motion for every action there is an equal and opposite reaction. Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang sama besar dan berlawanan arah
Impuls Impulse a change in momentum. Perubahan momentum
Joule Joule The joule is the standard unit of measure for energy and work. Satuan untuk mengukur energi dan usaha
Kecepatan Velocity the rate of change in an object's position. magnitude of velocity is the object's speed. Perpindahan suatu benda dibagi selang waktunya.
Kelajuan Speed the measurement of how fast on object moves relative to a reference point Perbandingan antara jarak yang ditempuh dengan selang waktu yang diperlukan benda.
Massa Mass a measurement of how much matter is in an object. It is usually measured in kilograms. pengukuran berapa banyak materi dalam suatu objek. Diukur dalam kilogram.
Momentum Momentum Momentum is equal to the mass times the velocity of an object. Besaran yang berhubungan dengan kecepatan dan massa suatu benda.
Newton Newton The newton is the standard unit of measure for force. Satuan untuk mengukur gaya
Pascal Pascal The pascal is the standard unit of measure for pressure. Satuan untuk mengukur tekanan
Ohm Ohm Ohm is the standard unit of measure for resistance. Satuan untuk mengukur tahanan
Percepatan Acceleration It is equal to the change in velocity over the change in time. Acceleration is a vector. perubahan kecepatan dalam satuan waktu tertentu. Percepatan adalah vektor
Perpindahan Displacement a vector which points from the initial position of an object to its final position. besarnya jarak yang diukur dari titik awal menuju titik akhir
Skalar Scalar a measurement that only measures the magnitude. Unlike a vector, a scalar does not have direction. besaran yang hanya memiliki besar. Tidak seperti vector, scalar tida memiliki arah.
Tahanan Resistance an electrical quantity that measures how the device or material reduces the electric current flow through it. Besaran listrik yang mengukur bagaimana alat atau materi menghambat aliran arus listrik.
Tekanan Pressure Pressure is the force over a given area. Gaya yang terjadi pada pada suatu permukaan luasan.
Tumbukan Collision A collision occurs when any two objects bump into each other. Tumbukan terjadi ketika dua benda yang saling bertabrakan.
Usaha Work Work occurs when a force acts on an object to move it some distance. It is measured in joules. Energi yang disalurkan gaya ke sebuah benda sehingga benda tersebut bergerak.
Pesawat Sederhana Simple Machine a basic mechanical device for applying a force and doing work. Alat mekanik dasar digunakan untuk memanfaatkan gaya dan melakukan usaha
Vektor Vector a quantity that has both a magnitude and a direction. Vektor adalah besaran yang memiliki besar dan arah.
Watt Watt the standard unit of measure for power. Satuan untuk mengukur daya
Demikian deretan istilah fisika dalam bahasa Inggris yang saya koleksi dari berbagai sumber untuk saya persembahkan buat para sobat setia langit biru. Kiranya catatan ini dapat menambah koleksi perbedaharaan kata-kata bahasa Inggris, terutama istilah fisika bahasa Inggris.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk singgah dan membaca artikel ini. Sampai berjumpa dengan artikel selanjutya.


Referensi:

Physics of Universe. http://www.physicsoftheuniverse.com/glossary.html (accessed 2017-09-10)

0 Response to "Istilah Fisika dalam Bahasa Inggris yang Mungkin Kamu Cari "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel