Bagaimana Cara Katakan Aku Sayang Kamu dalam Bahasa Inggris?

'Aku sayang kamu' mungkin adalah tiga kata yang sederhana dalam bahasa Indonesia. Namun dari tiga kata yang terlihat sederhana ini dampaknya tidak sesederhana kelihatannya.

Ungkapan 'aku sayang kamu' apabila dituturkan dengan sepenuh hati dapat menautkan hati yang sedang berjauhan, menentramkan hati yang penuh amarah, melembutkan hati yang keras, meluluhkan hati yang sedang membeku, menenangkan hati yang kalut, menghibur hati yang lara, dan bahkan menumbuhkan benih-benih asa.

Kata sayang tidak hanya diutarakan oleh kalangan anak muda yang sedang dilanda romansa, tapi juga diucapkan oleh kakak pada adiknya, atau pula adik dengan kakaknya, ataupun bahkan para orang tua kepada anak-anaknya ataupun sebaliknya, anak-anak kepada orang tuanya.

Rasa cinta untuk orang tercinta tidak harus menunggu hari khusus untuk Ungkapkan Kata Sayang di Hari Valentine, tapi dapat senantiasa dituturkan setiap hari.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata 'sayang' merupakan sebuah kata dasar. Kata dasar ini bisa mendapat imbuhan, baik itu berupa awalan ataupun akhiran seperti menyayang, menyayangi, menyayangkan, ataupun penyayang.

Kata sayang dalam bahasa Indonesia memiliki dua pengertian yang dapat berarti:

1. Kasih sayang (kepada); cinta (kepada); kasih (kepada); sayang akan (kepada); amat suka akan (kepada); mengasihi; mencintai: kekasih; jantung hatiku
2. Kasihan; (terasa) menyesal: terasa rugi (tidak rela dan sebagainya) tidak rela (akan); tidak ikhlas (akan):

Seperti yang sobat amati pada beberapa pengertian di atas, kata sayang mempunyai arti lebih dari satu. Singkatnya, kata sayang dapat berarti sayang akan, mengasihi, mencintai, menyayangi atau amat suka. Selain itu, kata sayang dapat berarti menyesal, tidak rela.

Oleh karena itu, kita hanya menelusuri kata sayang yang berarti kasih sayang (akan), cinta (kepada), mengasihi, atau mencintai.

Aku Sayang Kamu Bahasa Inggris
Aku Sayang Kamu Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Pada artikel sebelumnya, saya telah menuliskan Kata - Kata Ungkapan Cinta dalam Bahasa Inggris. Namun, kali ini kita hanya akan mengupas cara mengungkapkan kata sayang secara sederhana dan apa adanya.

Lalu, bagaimana sih mengatakan kata sayang dalam bahasa Inggris?

Secara harfiah, kata sayang atau cinta atau menyayangi atau mencintai dapat dipadankan dengan kata love dalam bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, seperti halnya dalam bahasa Indonesia, kata love juga memiliki beberapa pengertian:

1. Perasaan kasih sayang yang kuat terhadap seseorang.
2. Perasaan suka akan sesuatu yang kuat.

Bagaimana cara mengucapkan kata love?

Untuk mengucapkannya, kamu dapat melihatnya pada Simbol Fonetik yang tertera pada kamus satu bahasa, yaitu Inggris-Inggris.

Menurut simbol fonetik, pengucapan kata love bukanlah /lop/, atau /lap/ ataupun /lof/, atau juga /laf/ tapi yang benar dilafalkan /lʌv/. Simbol ʌ dilafalkan seperti bunyi huruf a yang dilafalkan pendek. Sementara, simbol /v/tidak sama seperti pengucapan huruf v dalam bahasa Indonesia. Untuk melafalkan bunyi simbol /v/ yaitu membentuk mulut setengah seperti ketika ingin mengucapkan huruf b dan pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'veh',


Selanjutnya, bagaimanakah mengatakan aku sayang kamu atau aku cinta kamu dalam bahasa Inggris? Dan bagaimanakah cara menegaskan rasa sayang kamu dalam bahasa Inggris? Atau bagaimana kata janji kan tetap sayang dalam bahasa Inggris? Ataupun bagaimanakah cara membalas kata sayang seseorang dalam bahasa Inggris? Dan deretan pertanyaan lainnya yang dapat sobat temukan jawabannya di catatan saya selengkapnya berikut ini.


Ungkapan Sayang

Untuk mengutarakan ungkapan 'aku cinta kamu' atau 'aku sayang kamu' dalam bahasa Inggris, kamu sebenarnya dapat menuturkannya dengan kata-kata yang sama. Pada beberapa ungkapan berikut ini, kamu menggunakan kalimat Present Tense. Untuk mengatakan aku cinta kamu dalam bahasa Inggris, sobat dapat menuturkan:

Aku cinta kamu.


I love you.

atau dengan ungkapan bahasa Inggris yang sama kamu dapat juga mengatakan:

Aku sayang kamu.


I love you.

Rasa Sayang Untuk

Untuk memperjelas pada siapa ungkapan aku sayang kamu itu ditujukan, kamu dapat menambahkan kata, Ragam Panggilan Sayang, atau nama orang yang ditujukan pada bagian akhir kalimat. Berikut ungkapannya.

Aku sayang kamu, anakku.


I love you, my child.

Atau untuk orang yang dikasihi.

Aku sayang kamu, sayangku.


I love you, my sweetheart.



Menegaskan Rasa Sayang

Untuk menegaskan kata sayang, kamu dapat menambahkan kata do sebelum kata love. Kata do berfungsi menegaskan kata love. Dengan kata lain, kata do bermakna bahwa love bukan sekedar sayang, tapi benar-benar sayang. Berikut ungkapannya.

Aku benar-benar sayang kamu.


I do love you.
Selain dengan kata do, kamu juga dapat menyelipkan kata really sebelum kata love untuk menegaskan kata sayang (atau love). Berikut ungkapannya.

Aku benar-benar sayang kamu.


I really love you.
Selain dengan kata do dan really, kamu dapat pula menambahkan frasa so much atau very much di akhir kalimat untuk menegaskan kata sayang (atau love). Berikut ungkapannya.

Aku sangat sayang kamu.


I love you so much.
atau dengan ungkapan yang sama, kamu dapat juga mengatakan:

Aku sangat sayang kamu.


I love you very much.
Kamu bahkan bisa mempertegas lagi rasa sayang kamu dengan menggabungkan kata do atau really dengan frasa so much atau very much. Berikut cara mengatakannya:

Aku sangat sayang banget sama kamu.


I really love you so much.
Atau kamu juga mengatakannya dengan maksud yang sama seperti:

Aku sangat sayang banget sama kamu.


I do love you very much.
Selain dengan tambahan kata untuk menegaskan kata sayang, kamu dapat pula mengunakan intonasi yang mempertegas pada kata love. Huruf besar pada kata love di bawah ini dilafalkan lebih tinggi dari pada dua kata lainnya, I dan you.

Aku sayang kamu.


I LOVE you.

Menegaskan Kamulah

Untuk menegaskan kata 'kamu' pada ungkapan aku sayang kamu, serupa dengan bagian di atas, kamu dapat pula mengunakan intonasi lebih yang mempertegas pada kata you. Huruf besar pada kata you di bawah ini dilafalkan lebih tinggi dari pada dua kata lainnya, I dan love.

Aku sayang kamu.


I love YOU.
Selain dengan intonasi, kamu dapat pula mempertegas dengan menambahkan kata only setelah kata you.

Aku hanya sayang kamu.


I love you only.

Selain dengan intonasi dan kata only, kamu dapat juga meletakkan kata you diikuti are the one di bagian awal kalimat untuk mempertegas kata you.

 Kamulah yang aku sayang.


You are the one I love.



Menegaskan Kejujuran

Untuk menegaskan rasa sayang kamu jujur dari dalam lubuk hatimu, kamu dapat menggunakan frasa the truth is sebelum ungkapan I love you.


Sejujurnya, aku sayang kamu.


The truth is I love you.
Selain itu, kamu dapat pula menambahkan kata honestly sebelum ungkapan I love you. Berikut cara mengatakannya.

Sejujurnya, aku sayang kamu.


Honestly, I love you.
Di samping itu, kamu dapat pula menambahkan frasa to tell you the truth sebelum I love you. Berikut cara mengatakannya.

Sejujurnya, aku sayang kamu.


To tell you the truth, I love you.

Selain itu, kamu dapat pula menambahkan frasa from the bottom of my heart sebelum atau sesudah I love you. Berikut cara mengatakannya.

Dari dasar hatiku yang terdalam, aku sayang kamu.


From the bottom of my heart, I love you.



Sayang Apa Adanya

Untuk mengutarakan kalau kamu mencintainya apa adanya dan apun keadaan dirinya, kamu dapat menggunakan frasa the way you are di akhir kalimat.

 Aku sayang kamu apa adanya dirimu.


I love you as the way you are.
Selain itu, kamu dapat pula menambahkan frasa just the you are di bagian akhir kalimat.

 Aku sayang kamu apa adanya dirimu.


I love you just the way you are.


Semakin Sayang

Untuk mengutarakan kalau kamu bertambah sayang pada dia , kamu dapat menambahkan frasa more and more di akhir kalimat.

 Aku semakin sayang kamu.


I love you more and more.
Selain itu, bila kamu ingin mengungkapkan rasa sayang kamu bertambah dari sebelumnya, kamu dapat pula menyematkan frasa more than before di bagian akhir kalimat.

 Aku makin sayang kamu.


I love you more than before.
Di samping itu, jika kamu ingin mengungkapkan rasa sayang kamu melebihi dari yang dia tahu selama ini, kamu dapat pula menambahkan frasa more than you know di bagian akhir kalimat.

 Aku sayang kamu lebih dari yang kamu tahu.


I love you more than you know.

Sayang Sepenuhnya

Apabila sobat ingin mengungkapkan rasa sayang kamu dengan sepenuh hatimu, kamu dapat menyematkan frasa with all my heart di bagian akhir kalimat.

 Aku sayang kamu dengan sepenuh hatiku.


I love you with all my heart.

Berkaitan Waktu

Dalam mengutarakan kata sayang dalam bahasa Inggris, peran tenses juga memegang peranan penting dalam menentukan makna seperti dalam beberapa kondisi berikut:


Tidak Lagi Sayang

Apabila kamu ingin mengutarakan rasa sayang yang dulu pernah ada, tapi sekarang tidak lagi, kamu dapat menggunakan bentuk kalimat Past Tense. Kamu bisa menuturkan:

Aku dulu sayang kamu.


I loved you.
Atau, kamu bisa juga menggunakan frasa used to di antara kata I danlove.


Aku dulu sayang kamu.


I used to love you.
Atau, kamu juga dapat menggunakan frasa not any more dalam kalimat present tense.

Aku tidak lagi sayang kamu.


I don't love you any more.
Atau, juga menggunakan frasa no more dalam kalimat present tense bentuk positif.

Aku tidak lagi sayang kamu.


I love you no more.
Atau, juga menggunakan frasa no longer yang diapit oleh kata I dan love dalam bentuk kalimat present tense bentuk positif.

Aku tidak lagi sayang kamu.


I no longer love you.


Masih Sayang

Sementara, apabila ingin mengutarakan kalau rasa sayang itu masih ada, kamu dapat menambahkan kata still sebelum kata love.

Aku masih sayang kamu.


I still love you.

Sudah Sayang

Tapi, apabila ingin mengutarakan kalau rasa sayang itu sudah ada sejak lama, kamu dapat menggunakan bentuk kalimat Present Perfect Tense. Setelah itu, tambahkan frasa for so long pada akhir kalimat kamu.

Aku sudah sayang kamu begitu lama.


I have loved you for so long.
Atau, kamu bisa menggunakan frasa for many years yang berarti selama bertahun-tahun di akhir kalimat.

Aku sudah sayang kamu selama bertahun-tahun.


I have loved you for many years.

Atau, kamu juga bisa menggunakan variasi lainnya dengan frasa for a long time di akhir kalimat kamu.

Aku sudah sayang kamu untuk waktu yang lama.


I have loved you for a long time.



Janji Kan Tetap Sayang

Sedangkan, jika kamu berjanji untuk selalu sayang, kamu dapat menambahkan kata always setelah kata will dengan menggunakan kalimat Present Future Tense, atau lebih dikenal orang banyak dengan sebutan simple future tense. Kata will dalam kalimat ini menyiratkan 'janji akan'.

Aku kan selalu sayang kamu.


I will always love you.

Sayang Selamanya

Dan apabila kamu ingin berjanji untuk sayang selamanya, kamu bisa menggunakan kata forever pada akhir kalimat.

Aku kan sayang kamu selamanya.


I will love you forever.
Atau kamu dapat juga menambahkan frasa for good yang berarti selamanya seperti di bawah ini.
Aku kan sayang kamu selamanya.


I will love you for good.
Atau jika kamu ingin berjanji untuk sayang sampai kapanpun, kamu bisa menggunakan frasa till the end pada akhir kalimat.

Aku kan sayang kamu hingga akhir.


I will love you till the end.


Balasan Kata Sayang

Dan yang terakhir, dari catatan ini, bagaimana cara membalasnya dengan ungkapan 'aku juga sayang kamu' dalam bahasa Inggris?

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membalas kata sayang. Pilihan pertama, kamu cukup menambahkan kata too di akhir kalimat.

 Aku juga sayang kamu.


I love you, too.

Atau kamu juga dapat menambahkan kata also di antara kata I dan love dalam kalimat.

 Aku juga sayang kamu.


I also love you.
Atau juga kamu dapat menjawabnya dengan singkat seperti berikut.

 Demikian pula aku (sayang kamu).


So do I.

Demkianlah sobat langit biru, cara mengutarakan ungkapan aku sayang kamu dalam bahasa Inggris. Kiranya, saya berharap dapat memuaskan rasa ingin tahu sobat. Serta, sobat juga tambah sayang sama saya, eh maksud saya, sayang dengan blog ini, langitbirukata.com.

Terima kasih kamu telah meluangkan waktu untuk membaca catatan ini. Dan salam juga untuk orang-orang yang kamu sayangi. Sampai berjumpa kembali dengan artikel-artikel lainnya.


Referensi:

https://kbbi.web.id/sayang (Accessed 2017-12-01)
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/love (Accessed 2017-12-01)

0 Response to "Bagaimana Cara Katakan Aku Sayang Kamu dalam Bahasa Inggris?"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel