10 Kesalahan Pengucapan Kata Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Hindari


Teman saya, Eko, yang sedang bekerja di sebuah hotel terkejut bukan kepalang ketika seorang pria bule yang kebetulan bisa sedikit bicara bahasa Indonesia berseru “Tolong saya! Ada lumba-lumba di kamar saya”.

Sejenak teman saya tertegun sejak kapan hotel tempat dia bekerja ada seekor lumba-lumba dan apa mungkin managernya memelihara lumba-lumba. Meskipun banyak pertanyaan memenuhi pikirannya, teman saya akhirnya menyanggupi untuk menolong si bule tersebut.

Mereka berdua kemudian menuju ke kamar si bule untuk memeriksa. Setibanya di kamar, teman saya mencoba mencari di seluruh sudut kamar, tapi dia tak menemukan binatang yang dimaksud oleh si bule tersebut. Kemudian si bule menunjuk seekor binatang besar yang bergelantungan di pojok kamar. Ternyata si “lumba-lumba” adalah seekor laba-laba.

Dari cerita di atas mengambarkan apa yang dapat terjadi pada seorang pendengar atau lawan bicara bila kita salah mengucapkan kata-kata bahasa Indonesia. Hal ini tidak hanya terjadi pada bahasa Indonesia semata, tapi juga dapat terjadi pada kata-kata bahasa Inggris.

Apabila seseorang salah mengucapkan kata-kata bahasa Inggris, maka pendengar atau lawan bicara biasanya akan mereka-reka arti dari kata-kata tersebut, akibatnya mereka mengalami kesulitan memahami maksud si pengucap kata-kata tersebut.

Lebih buruk lagi,

Pengucapan yang kurang tepat akan memicu kesalahpahaman antara si pengucap dan lawan bicara.

Alhasil, komunikasi yang seyogyanya terjalin dua arah baik itu dari si penutur dan lawan bicara tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Maka, mengetahui dan menguasai pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang benar merupakan sebuah keharusan.


Sebelum membahas kesalahan pengucapan kata-kata bahasa Inggris, ada baiknya kita mengetahui beberapa penyebab kenapa ketidak tepatan pengucapan kata-kata bahasa Inggris sering terjadi.

Apa saja penyebabnya? Simak catatan berikut ini.

Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris
Kesalahan Umum Pengucapan Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Penyebab Umum Kesalahan Pengucapan

Beberapa penyebab kenapa para pembelajar bahasa Inggris sering kali tidak tepat mengucapkan kata-kata bahasa Inggris sebagaimana berikut ini:

  • Mengucapkan kata bahasa Inggris seperti ejaan katanya. Padahal hampir semua kata bahasa Inggris tidak sama pengucapannya dengan cara baca ataupun ejaan kata tersebut, misalnya Monday dibaca /mondei/, yang seharusnya dibaca /mAndei/; Friday dibaca /fridei/, yang seharusnya dibaca /fraidei/
  • Mengeneralisasi atau menganggap semua kata punya cara pengucapan yang sama, misal huruf u pada kata but, gun, sun sering diucapkan seperti huruf a, maka banyak pembelajar bahasa Inggris acapkali mengeneralisasi semua huruf u dibaca /a/. Padahal tidak semua kata bahasa Inggris diucapkan demikian. Alhasil, kata seperti purplebusy, malah dibaca /parpl/ dan /basi/. Sebenarnya pengucapan yang tepat adalah  /ˈpɜː.pəl/ dan  /ˈbɪzi/ 
  • Mengucapkan kata-kata bahasa Inggris yang tanpa disadari terpengaruh aksen ataupun logat penutur, hingga membentuk bunyi berbeda dari pengucapan yang seharusnya, misalnya apabila kita berasal dari Banjarmasin atau Bandung biasanya huruf f dibaca seperti bunyi huruf p sehingga kata film seringnya dilafalkan /pilm/


Sebelum sobat membaca catatan saya, perhatikan keterangan di bawah ini:

Tanda baca / (garis miring berwarna merah) menandakan simbol bunyi yang salah.
Tanda baca / (garis miring berwarna hijau) menandakan simbol bunyi yang benar.


10 Kesalahan Umum pengucapan 

Berikut adalah catatan saya yang saya tulis dan kumpulkan dari pengalaman saya selama mengajar bahasa Inggris mengenai beberapa kesalahan umum pengucapan kata dalam bahasa Inggris yang saya sajikan dalam 10 peringkat kesalahan pengucapan bahasa Inggris sebagai berikut:

Kita mulai dari peringkat terakhir dari kesalahan pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Kata apa yang menduduki peringkat paling buntut?


10. Develop

Kata 'develop' menduduki posisi paling buntut dalam daftar catatan saya. Kata ini kerapkali diucapkan persis seperti ejaannya yaitu /defelop/.  

Kebanyakan orang Indonesia, terutama orang jawa, sering kali mengucapkan bunyi /v/ sama seperti bunyi /f/, padahal kedua bunyi tersebut berbeda.

Caranya mengucapkan bunyi /v/ dengan cara membentuk mulut seperti mengucapkan setengah huruf b dan pastikan pita suara kamu bergetar dengan memegang bagian leher tapi suara yang keluar /v/.

Cara pengucapan kata develop yang benar adalah /dɪˈvel.əp/. Secara rinci simak penjelasan berikut.

Huruf e pertama pada suku kata pertama (de) diucapkan I sama bunyinya seperti huruf pertama pada kata 'Indonesia'.

Huruf e kedua pada suku kata kedua (ve) diucapkan e sama bunyinya seperti huruf e pada kata "besar"

Huruf o pada suku kata ketiga (lop) diucapkan e sama bunyinya seperti huruf e pada kata "mental" yang berarti terpental.

Kesimpulannya ucapkan /v/ bukan /f/ ketika mengucapkan develop dan ucap huruf e dan o sesuai keterangan di atas.


9. Movie

Berikutnya adalah kata 'movie' menempati posisi ke sembilan. Kata ini seringkali diucapkan seperti ejaannya yaitu /movi/.
Sebenarnya, pengucapan yang benar dan tepat adalah /ˈmuː.vi/

Kesimpulannya cara mengucapkan kata 'movie' pada huruf o dibaca seperti bunyi huruf u.


8. Since

Peringkat berikutnya, posisi ke delapan adalah kata since. Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris seringkali mengeneralisasi atau mengganggap semua pengucapan sama cara pengucapan satu atau dua huruf, misalnya huruf i sering kali diucapkan /ai/.

Padahal tidak semuanya dibaca demikian. Itu sebabnya kata 'since' kerap diucapkan /sains/.

Sebenarnya cara mengucapkanyang benar adalah /sɪns/. Di sini huruf i tetap dibaca /i/

Kesimpulannya adalah ucapan huruf i tetap dibaca /i/


7. Month

Posisi ketujuh dipegang oleh kata month (nama-nama bulan). Kebanyakan kata ini dibaca dengan sesuai ejaannya, sehingga terdengar /month/.

Seharusnya huruf o dibaca a, sehingga kata month dibaca /mʌnθ/. Bedakan pengucapan month dan moon. Tidak seperti kata month, kata moon (merujuk pada bulan di langit) dibaca /mu:n/.

Kesimpulannya cara mengucapkan month, huruf o diucapkan /a/.


6. Busy dan Business

Possisi berikutnya yang sering salah pengucapannya adalah kata seperti busy danbusiness. Busy sering diucapkan para pembelajar bahasa Inggris dengan ucapan /basi/ seperti kata (makanan) basi  atapun /busi/ seperti busi pada sepeda motor atau mobil.

Seharusnya kata busy diucapkan /ˈbɪzi/. Jadi ucapkan /ˈbɪzi/ bila kamu merujuk pada kata busy. Sedangkan kata business sering diucapkan seperti ejaannya. Kata ini kerapkali diucapkan /busines/.

Padahal cara mengucapkan yang benar sama seperti kita mengucapkan bahasa Indonesianya dari kata business yaitu /bisnis/

Hanya saja perbedaannya huruf s nya menjadi huruf z. Jadi pengucapan yang tepat adalah /ˈbɪz.nɪs/.

Kesimpulannya cara mengucapkan kata busy adalah /ˈbɪzi/, sedangkan business adalah /ˈbɪz.nɪs/.


5. Could, Should, Would

Posisi berikutnya dipegang oleh ketiga kata seperti could, should, would.

Ketiga kata tersebut sering diucapkan oleh para pemula pembelajar bahasa Inggris seperti ejaannya.

Kata could sering diucapkan /kould/. Sementara, kata should sering diucapkan /ʃould/. Sedangkan kata would sering diucapkan /would/.

Kesalahan pengucapan ketiga kata tersebut adalah dua huruf ou sering kali dibaca /ou/ sama seperti ejaannya. Demikian pula huruf l juga dibaca /l/ yang seharusnya huruf l adalah hening atau tidak dibunyikan atau dibaca.

Pengucapan dua huruf ou pada ketiga kata tersebut harusnya dibaca /u/ sama halnya seperti kata pengucapan you dibaca /yu:/ dua huruf ou dibaca u.

Maka cara mengucapkan yang benar adalah kata could seharusnya dibaca /kʊd/, should seharusnya dibaca /ʃʊd/, would seharusnya dibaca /wʊd/.

Kesimpulannya, bacalah dua huruf ou dengan bunyi /u/ dan huruf l jangan dibaca.


4. Down, House, Now, Sound, Mouse, Out

Posisi ke empat diduduki oleh  kata-kata seperti down, house, now, sound, mouse dan out.

Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris dan kalangan umum yang pekerjaannya berkaitan erat dengan bahasa Inggris sering tidak tepat mengucapkan ke enam kata tersebut.

Biasanya kata down dibaca /dou:n/, kata house dibaca /hou:s/, kata now dibaca /nou:/, kata sound kerapkali dibaca /sou:nd/, kata mouse seringkali dibaca /mou:s/. dan kata out seringkali dibaca /ou:t/.

Melihat pola cara baca pembelajar bahasa Inggris memliki kesamaan yaitu keenam kata di atas terutama ejaan dua huruf ou sering kali diucapkan /ou/.

Simak penjelasan masing-masing dari keenam kata di atas ditinjau dari kesalahan dan bagaimana cara mengucapkan yang benar berikut ini:


Down

Kata down sering dtemukan dalam frasa sit down, shut down, download, ataupun go down. Kata down sering diucapkan /doun/.

Seharusnya pengucapan yang benar dari kata down adalah /daʊn/ (Ucapannya sama dengan cara mengucapkan kata daun dalam bahasa Indonesia).

Bedanya adalah kata daun dalam bahasa Indonesia diucapkan dengan dua suku kata /da-un/ sedangkan kata down /daʊn/ diucapkan hanya  dengan satu suku kata /daʊn/.


Kata house sering kali diucapkan /hous/ seperti pengucapan kata hose yang artinya selang.

Cara mengucapkan kata house yang benar adalah /haʊs/. Pengucapanya sama dengan cara mengucapkan kata haus (dahaga) dalam bahasa Indonesia.

Bedanya adalah kata haus dalam bahasa Indonesia di ucapkan dengan dua suku kata /ha-us/ sedangkan kata house /haʊs/ diucapkan hanya dengan satu suku kata /haʊs/ .


Now

Kata now seringkali diucapkan /nou/ seperti pengucapan kata no.

Sebenarnya cara mengucapkan kata now yang benar adalah /naʊ/.


Sound

Kata sound seringkali diucapkan /sou:nd/.

Sebenarnya cara mengucapkan kata sound yang tepat adalah /saʊnd/.


Mouse

Kata mouse seringkali diucapkan /mous/ seperti pengucapan kata most.

Sebenarnya cara mengucapkan kata mouse yang benar adalah /maʊs/.


Out

Kata outseringkali diucapkan seperti ejaannya yaitu /out/

Sebenarnya cara mengucapkan kata out yang tepat adalah /aʊt/.

Kesimpulannya bacalah dua huruf ou dengan bunyi //.


3. Wrong/ Write/ Who/ Answer

Posisi ketiga yaitu kata seperti wrong, write, who, dan answer. Keempat kata ini sering sekali diucapkan dengan menyertakan bunyi /w/, sehingga terdengar seperti berikut:

Wrong dibaca /werong/
Write dibaca /wrait/
Who dibaca /whu:/
Answer dibaca /enswer/

Pengucapan keempat kata tersebut di atas dengan menyelipkan bunyi /w/ salah dan tidak tepat.

Cara yang benar dalam mengucapkan keempat kata tersebut adalah dengan tidak membaca huruf w. Bunyi huruf w pada ke empat kata ini adalah silent (hening atau tidak dibaca)

Simak penjelasan saya berikut:
Seharusnya kata-kata tersebut di atas dibaca.

Wrong dibaca /rɒŋ/ (simbol /ŋ/ dibaca seperti bunyi /ng/)
Write dibaca /raɪt/
Who dibaca /huː/
Answer dibaca /ˈæn.sɚ/ atau /ˈɑːn.sər/

Kesimpulannya, ketika membaca kata seperti wrong, write, who, dan answer jangan membaca huruf w.


2. Listen/ Listening

Posisi kedua jatuh pada kata listen atau listening. Kebanyakan orang, tidak hanya pembelajar pemula bahasa Inggris tapi juga pembelajar yang sudah lama, sering kali mengucapkan kata listening sama seperti ejaannya yaitu /listeniŋ/.

Padahal pengucapan yang benar adalah dengan menghilangkan bunyi /t/ pada listening, sehingga pengucapan yang benar adalah /ˈlɪs.əniŋ/.

Kunci pengucapannya adalah hapus huruf t ketika kamu membaca listening maka ber bunyi seperti /lisening/ bukan berbunyi /listening/. Demikian pula pada kata listen diucapkan /ˈlɪs.ən/ bukan diucapkan /listen/

Kesimpulannya, jangan dibaca huruf t ketika membaca kata listening atau listen.


Sekarang tiba saatnya, saya mengumumkan siapakah pemenang pertama dan berhak mendapatkan penghargaan dengan predikat sebagai "Peringkat pertama kesalahan pengucapan kata bahasa Inggris."
 

Peringkat Pertama jatuh pada kata.......


1. High

Kata high menduduki urutan pertama dalam daftar kesalahan umum yang kerap dan sudah sangat sering sekali tidak tepat diucapkan para pembelajar bahasa Inggris pemula maupun kalangan umum yang bersinggungan dengan bahasa Inggris.

Kata high kerap kali diucapkan /haig/. Pengucapan /haig/ pada kata high tidak tepat.

Seharusnya kata high diucapkan /haɪ/ sama seperti ketika menyapa seseorang hai. Termasuk kata higher yang sering diucapkan /haiger/.

Pengucapan yang tepat adalah /ˈhaɪ.ər/ atau /ˈhaɪ.ɚ/.

Kesimpulannya, ucapkan /haɪ/ jika kamu merujuk pada kata high bukan diucapkan /haig/


Serupa kesalahan pengucapan dengan kata high, beberapa kata seperti; light, night, bright, eight, dan through acapkali dua huruf gh pada kelima kata tersebut dibaca g.

Bunyi dua huruf gh adalah silent (hening atau tidak dibaca)

Simak penjelasan masing-masing dari kelima kata di atas ditinjau dari kesalahan dan bagaimana cara mengucapkan yang benar berikut ini:


Light

Kata light sering kali diucapkan /laig/.

Cara mengucapkan kata light yang benar adalah /lait/.


Night

Kata night sering kali diucapkan /naig/.

Cara mengucapkan kata night yang benar adalah /nait/.


Bright

Kata bright sering kali diucapkan /braig/.

Cara mengucapkan kata bright yang benar adalah /brait/.

Eight

Kata eight sering kali diucapkan /eig/.

Cara mengucapkan kata eight yang benar adalah /eit/.


Through

Kata through sering kali diucapkan /throg/.

Ingatkan dua huruf ou dibaca u.
Cara mengucapkan kata through yang benar adalah /thru/.


Kesimpulannya, jangan baca dua huruf gh agar pengucapan kata-kata tersebut di atas tepat.


Saya ucapkan selamat untuk kata 'High' yang memenangkan juara pertama dalam 10 Peringkat kesalahan pengucapan kata bahasa Inggris.


Akhir kata, berlatihlah mengucapkan kata bahasa Inggris dengan benar dengan mengucapkannya berulang-ulang serta gunakan kata-kata tersebut dalam ujaranmu. Sehingga kata yang kita ucapkan sesuai dengan kata yang kita maksud.

Untuk lebih jelas mendengarkan cara pengucapannya, silakan kunjungi situs kamus bahasa Inggris online di tautan berikut: Cambridge Dictionary online.

Kamu cukup ketikan kata yang diinginkan pada kotak pencarian, lalu klik search. Untuk mendengar suaranya, klik ikon pengeras suaranya.

Apabila sobat mempunyai pertanyaan? Silakan ajukan pertanyaan lewat kolom komentar di bawah ini. Selamat berlatih! Sampai berjumpa dengan artikel lainnya.

Langit Biru Not every single day but only were dark clouds and tears in raindrops. After a while the rainbow came out and turned to the blue sky. With all this, he just wishes to share. 
Buy Me a Cup of Coffee

6 Responses to "10 Kesalahan Pengucapan Kata Bahasa Inggris yang Sebaiknya Kamu Hindari"

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel