8 Kata Depan Penunjuk Letak Bahasa Inggris yang Patut Kamu Tahu

Apabila seseorang bertanya, di mana bolanya kamu letakkan? Maka, untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menggunakan beberapa kata seperti di dalam, di atas, di bawah, di depan, di belakang, di samping atau di antara. Kata-kata ini dalam konteks tulisan atau lisan digunakan untuk menunjukkan letak, atau posisi benda, tempat atau orang.

Bagaimana kalau pertanyaannya dalam bahasa Inggrisnya, where do you put the ball? Tentunya, kita seyogyanya tahu kata-kata yang menunjukkan letak seperti in, on, under, in front of, behind, beside dan lainnya.

Kata-kata bahasa Inggris yang disebutkan di atas dinamakan Kata Depan atau dalam bahasa Inggris disebut preposition. Dalam penerapannya dalam kalimat bahasa Inggris, kata depan merupakan salah satu jenis kata yang biasanya dituliskan atau dituturkan sebelum kata benda.

Lantas, apa arti dari beberapa kata depan bahasa Inggris tersebut di atas? Lalu, bagaimana cara menggunakan kata-kata tersebut dalam kalimat bahasa Inggris?

Kata Depan Letak dan Posisi
Kata Depan Letak dan Posisi - langitbirukata.com


Berikut beberapa kata depan dalam bahasa Inggris yang menunjukkan letak atau posisi dari suatu benda ataupun seseorang:

In

In the box

In mempunyai arti di dalam. Sebagai kata depan penunjuk letak kata in digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau benda ataupun seseorang berada di dalam sesuatu atau benda lainnya, misalnya, di dalam tas (In the bag), di dalam rumah (In the house), di dalam mobil (In the car) dan lainnya.

Contoh penggunaan in dalam kalimat:

Your key is in the drawer.
Kunci kamu ada di dalam laci.

My sister studies in her room.
Kakakku belajar di dalam kamarnya.

The Children stay in the car.
Anak-anak terap di dalam mobil.


In Front Of

In front of the box
In front of memiliki arti di depan. Frasa yang terdiri dari tiga kata ini merupakan satu kesatuan yang membentuk sebuah arti di depan. Jadi, ketiga kata ini digunakan berdampingan apabila kita ingin berkata di depan. Frasa ini berperan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di depan sesuatu atau orang lainnya, misalnya, di depan pintu (in front of door), di depan komputer (in front of computer), di depan banyak orang  (in front of people) dan lainnya.

Contoh penggunaan in fron of dalam kalimat:

Her car is parked in front of her house.
Mobilnya diparkir di depan rumahnya.

Jack is standing in front of the class.
Jack sedang berdiri di depan kelas.

My father fell asleep in front of computer. 
Ayahku tertidur di depan komputer.


Behind

Behind the box
Behind dalam bahasa Indonesia berarti di belakang. Kata ini berfungsi menunjukkan bahwa sesuatu atau orang berada di belakang sesuatu atau orang lainnya, misalnya, di belakang lemari (behind wardrobe), di belakang layar (behind screen), di belakang toko (behind the store) dan lainnya.

Contoh penggunaan behind dalam kalimat,

Your coat is hung behind the door.
Mantel kamu digantung di belakang pintu.

We are going to meet on the hill behind our school.
Kita akan bertemu di bukit di belakang sekolah kita.

That boy is hiding behind his mother.
Anak itu sedang bersembunyi di belakang ibunya.


On

On the box
Kata depan on mempunyai arti di atas. Makna dari 'di atas' adalah menempel atau bersentuhan dengan sesuatu atau benda lainnya. Kata on berfungsi untuk menunjukkan sesuatu atau benda berada di atas sesuatu atau benda lainnya yang bersifat menempel atau bersentuhan dengan sesuatu atau benda yang ada dibawahnya, misalnya, di atas lantai (on the floor), di atas dinding (on the wall), diatas langit-langit (on the ceiling).

Selain kata on, kata over dan above juga memilki arti yang sama. Karena itu, sobat perlu mencermati Perbedaan On, Over dan Above, agar tepat dalam menggunakan ketiga kata ini.

Contoh penggunaan on dalam kalimat:

Lisa's pen is on the table.
Penanya Lisa ada di atas meja.

You're standing on my foot.
Kamu berdiri (menginjak) (di atas) kakiku.

They put the whiteboard on the wall.
Mereka meletakkan papan tulis di (atas) dinding.


Beside

Beside the box
Beside, tanpa huruf s, mempunyai arti di samping. Berhati-hatilah dengan Perbedaan Beside dan Besides karena meskipun perbedaan ejaan hanya satu yaitu huruf s. Hal ini cukup membedakan arti.

Makna dari 'di samping' adalah berdekatan dengan sesuatu atau benda lainnya. Kata beside berfungsi untuk menunjukkan benda atau seseorang berada di sisi atau bersebelahan dengan benda atau seseorang lainnya yang bersifat berdekatan dengan sesuatu atau benda yang ada di sampingnya, misalnya, di samping meja tulis (beside the desk), di samping buku (beside the book), di samping kamar tidur (beside the bedroom).

Selain kata beside, kata atau frasa seperti next to, near, close to dan by juga memilki arti yang sama. Oleh karena itu, sobat perlu mencermati Perbedaan Beside, Next to, Near, Close to, dan By, agar tepat dalam menggunakan keempat kata ini.

Contoh penggunaan beside dalam kalimat:

The pencil is beside the book.
Pensilnya ada di samping buku.

My office is not far from here. It's beside the mosque. 
Kantorku tidak jauh dari sini. Letaknya di samping mesjid.

Lisa usually sits beside Nita.
Lisa biasanya duduk di samping Nita.


Under

Under the box
Under mempunyai arti di bawah. Makna dari 'di bawah' adalah tertutupi oleh bagian atas dari sesuatu atau benda lainnya. Kata under berfungsi untuk menunjukkan sesuatu atau benda berada di bawah sesuatu atau benda lainnya, misalnya di bawah lantai (under the floor), di bawah dinding (under the wall), di bawah langit-langit (under the ceiling).

Selain kata Under, kata below, underneath dan beneath juga memilki arti yang sama. Oleh karena itu, sobat perlu mencermati dan memahami Perbedaan Under, Below, Underneath dan Beneath, agar tepat dan tidak keliru dalam menggunakan keempat kata depan ini.

Contoh penggunaan beside dalam kalimat:

Your shoes are under the bed.
Sepatu kamu berada di bawah tempat tidur.

Dont keep your cash under the mattress.
Jangan menyimpan uang kamu di bawah kasur.

Because we were tired we all rested under a tree.
Karena kami lelah, kami semua beristirahat di bawah pohon.


Between

Between the box
Between memiliki arti di antara. Kata depan ini berperan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau seseorang berada di antara dua benda atau dua orang lainnya, misalnya, di antara dua mobil (between two cars), di antara komputer (between computers), di antara dua rumah (between two houses) dan lainnya.

Contoh penggunaan between dalam kalimat:

My house lies between two hills.
Rumahku terletak di antara dua bukit.

That little girl is sitting between two adults.
Gadis kecil itu duduk di antara dua orang dewasa.

Lisa is standing between Linda and Lina.
Lisa sedang berdiri di antara Linda dan Lina.


Among

Among the boxes
Tidak jauh berbeda dengan kata between, kata among juga memiliki arti di antara. Kata depan yang satu ini berfungsi untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau seseorang berada di antara beberapa benda atau beberapa orang lainnya yang jumlahnya lebih dari dua, misalnya, di antara buku-buku (among books), di antara anak-anak (among children), di antara kerumunan orang (among crowd) dan lainnya.

Contoh penggunaan among dalam kalimat:

I have to find my book among other books.
Aku harus menemukan bukuku di antara buku-buku lainnya.

Jack looks nervous among beautiful girls. 
Jack terlihat gugup di antara gadis-gadis cantik.

I cannot see you clearly among the crowd.
Aku tidak bisa melihat dengan jelas di antara kerumunan orang.


Demikianlah sekelumit catatan mengenai beberapa kata depan yang menunjukkan letak atau posisi sesuatu, benda atau seseorang. Semoga kiranya catatan ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih telah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa lagi dengan artikel lainnya.

0 Response to "8 Kata Depan Penunjuk Letak Bahasa Inggris yang Patut Kamu Tahu"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel