23 Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris untuk Ungkapkan Rasa Simpati


Suatu ketika saya mendengar kabar meninggalnya ayah dari salah satu sahabat saya, Nana. Tak berselang lama, saya dan teman-teman satu sekolah sepakat untuk pergi melayat ke rumah Nana sepulang sekolah.

Setibanya di sana, kami mendapati dia sedang duduk di dekat jasat ayahnya. Menyadari kehadiran kami, Nana berdiri dan menghampiri kami. Wajah Nana yang nampak kusut dan matanya agak merah serta air mata sepertinya belum kering sedikit merona tatkala melihat kehadiran kami semua. Kemudian, satu persatu teman-teman saya menyalaminya hingga giliran saya.

Saya lalu mengulurkan tangan untuk menjabatnya dan mencoba membuka mulut dan berkata sesuatu. Namun, sejenak saya tertegun. Saya sudah biasa hadir di acara pesta pernikahan lalu memberikan senyum dan mengucapkan Selamat Penikahan.

Tapi kali ini berbeda.Tak sepatah katapun terlontar, saya tak tahu harus berkata apa dan juga tak tahu apakah harus tersenyum ataukah harus memasang wajah murung..

Bagi saya waktu itu meskipun sejak kejadian tersebut, saya mulai terbiasa dan mungkin telah berkali-kali mengucapkan kata-kata bela sungkawa di situasi yang berbeda.

Namun, kata-kata belasungkawa hanyalah sebatas kata-kata. Lebih dari itu, sebuah ungkapan dukacita atau bela sungkawa adalah bagaimana kita dapat merasakan dan mengerti apa yang dialami seseorang yang baru saja kehilangan orang dekatnya.

Tatkala kita mendengar orang lain kehilangan seseorang yang mereka sayangi, mungkin kita hanya merasakan hal yang biasa saja karena kita belum mengerti bagaimana rasanya kehilangan seseorang yang istimewa dalam hidup kita.

Ungkapan Belasungkawa Bahasa Inggris
Ungkapan Belasungkawa Bahasa Inggris - langitbirukata.com


Sehingga, kita mungkin hanya memberikan sebatas ucapan tanpa mengerti arti kehilangan sesungguhnya.

Kita belum mengerti artinya kehilangan seseorang hingga kita mengalaminya sendiri.

Ungkapan dukacita atau belasungkawa merupakan bentuk rasa peduli dan simpati kepada orang yang berduka. Seseorang yang sedang berdukacita mungkin merasa sendiri, sedih, murung, ataupun putus harapan.

Di saat inilah waktu dia membutuhkan orang untuk bersandar, mendengar dan mengerti dia. Dan salah satu bentuk empati kita kepada dia yaitu dengan menuturkan atau menuliskan ungkapan belasungkawa.

Jika sobat ingin menghaturkan ungkapan rasa dukacita atau belasungkawa dalam bahasa Inggris, tapi saat ini kamu belum menemukan kata-kata yang tepat. Mungkin deretan ungkapan berikut dapat menginspirasi sobat untuk memilih dan memadukan kumpulan ucapan atau ungkapan rasa simpati sobat untuk orang-orang mempunyai tempat teristimewa di hati kamu.

Berikut beberapa ungkapan duka cita atau belasungkawa dalam bahasa Inggris:


Kumpulan Ungkapan Belasungkawa Bahasa Inggris

My condolences.
Aku turut berbelasungkawa.
My heartfelt condolences..
Dari hatiku yang terdalam, aku turut berbelasungkawa..
My most heartfelt condolences..
Jauh dari hatiku yang terdalam, aku turut berbelasungkawa..
My most sincere condolences..
Setulus hati, aku turut berbelasungkawa..
May God give him eternal rest...
Semoga Tuhan memberi dia peristirahatan abadi..
I pray that God will grant you the strength.
Aku berdoa Tuhan akan memberi kamu ketabahan...
My condolences to you and your family.
Aku turut berdukacita dan berdoa untuk kamu dan keluarga kamu.
Our collective hearts are heavy with sympathy.
Hati kami sepenuhnya dilingkupi dengan simpati.
We are terribly sorry to hear about the passing of your father.
Kami sungguh turut berduka atas meninggalnya ayah kamu.
I am truly sorry to hear of the loss of your mother.
Aku sungguh turut berduka atas meninggalnya ibu kamu.
I am deeply saddened by the news of your loss..
Aku sungguh sangat berduka atas kabar kehilangan dari kamu.
Please accept our condolences and may our prayers give you and you family strength.
Kami turut berdukacita dan berdoa untuk kamu dan keluarga kamu diberikan kekuatan.
No words can describe how sorry I am for your loss.
Tak sepatah katapun yang menggambarkan betapa berduka aku atas rasa kehilangan kamu.
I extend my deepest sympathies to you and your family.
Aku haturkan rasa simpati yang terdalam untuk kamu dan keluarga kamu.
May Lord bless and comfort you and your family during this time of grief.
Semoga Tuhan memberkahi dan memberikan penghiburan bagi kamu dan keluarga selama masa berduka ini.
We just want you to know that we are really sorry to hear about your father, he was a wonderful man.
Kami hanya ingin kamu tahu kalau kami sungguh berduka mendengar kepergian ayahmu,  dia orang yang hebat.
May care and love of those around you provide comfort and peace to get you through the days ahead.
Semoga perhatian dan cinta dari orang-orang dekat memberi kelegaan dan kedamaian hingga kamu bisa menjalani hari-hari ke depannya.
I hope that God brings you and your family the much-needed peace during this sad time..
Aku berharap Tuhan berikan kamu dan keluargamu ketenangan dalam masa berduka.
I can’t imagine what you must be feeling right now, but I want you to know that we are just a phone call away..
Aku tak bisa bayangkan apa yang kamu rasakan saat ini, tapi aku ingin kamu tahu kita hanya sejauh angkatan telepon.
Please accept my condolences, just know that I am here for you, please don’t hesitate to reach out, especially during this difficult time.
Aku turut berbelasungkawa, ketahuilah bahwa aku ada di sini untuk kamu, jangan sungkan menghubungi ku, terutama dalam masa sulit ini.
May our Lord comfort you and your loved ones.I know that I have no idea what you have been, but I just want you to know that I am here for you.
Semoga Tuhan berikan kamu kelegaan dan orang-orang yang kamu sayangi. Aku  tahu aku tak mengerti apa yang kamu rasakan, tapi aku hanya ingin kamu tahu aku ada untukmu.
We are deeply saddened by the news of John's passing. Our prayers are with you and your family..
Kami ssungguh sangat berduka dengan berita meninggalnya John. Doa-doa kami menyertai kamu dan keluarga mu.
May I offer my sympathies to you and your family on the loss of your father, God bless his soul..
Perkenankan aku sampaikan simpatiku pada mu dan keluargamu atas kehilangan ayahmu, Tuhan memberkahi jiwanya.

Demikian sobat langit biru catatan mengenai kumpulan kata-kata bela sungkawa dalam bahasa Inggris. Kiranya ungkapan belasungkawa bukan sekedar kata-kata pemanis bibir, tapi setulus doa yang dipanjatkan untuk kuatkan bagi mereka yang baru saja kehilangan orang yang mereka sayangi.

Terima kasih sobat telah singgah dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali di catatan lainnya.

0 Response to "23 Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris untuk Ungkapkan Rasa Simpati "

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel