Kenalilah Simbol Fonetik Agar Mudah Ucapkan Kata-Kata Bahasa Inggris

Salah satu keluhan yang kerap kali didengungkan oleh para pemula pembelajar bahasa Inggris yaitu ejaan kata-kata bahasa Inggris yang tidak sama atau bahkan jauh berbeda dengan pengucapannya.

Seperti yang telah saya tuliskan dalam Penyebab Kata-Kata Bahasa Inggris Dibaca Tidak Seperti Ejaannya, pengucapan kata-kata bahasa Inggris yang berbeda karena ada kisah sejarah yang melatarbelakanginya.

Secara ringkas, perbedaan antara pengucapan dan penulisan terjadi karena ejaan kata-kata bahasa Inggris bukanlah representatif dari bunyi, atau dalam ilmu bahasa disebut fonetik.



Apa itu Fonetik?

Fonetik atau fonetika adalah bagian ilmu dalam linguistik, atau ilmu bahasa, yang mempelajari bunyi bahasa yang diproduksi oleh manusia tanpa memandang fungsi bunyi itu sebagai pembeda makna dalam suatu bahasa.

Bunyi-bunyi bahasa lebih dari 100 bunyi manusia yang berbeda di seluruh dunia, termasuk bahasa Indonesia, ditranskripsikan dalam bentuk simbol bunyi yang disebut International Phonetic Alphabet atau disingkat IPA.

Meskipun kebanyakan kata-kata bahasa Indonesia diucapkan sesuai dengan ejaan atau penulisan kata-kata tersebut, tapi ada beberapa kata bahasa Indonesia yang diucapkan tidak seperti ejaannya, misalnya,

Tahu dibaca /tau/
Sabtu dibaca /sap.tu/
Bapak dibaca /ba.pa/

Dengan simbol fonetik, orang-orang yang bukan dari negara Indonesia dapat melafalkan kata-kata bahasa Indonesia tersebut dengan mudah. Oleh karena itulah, mengetahui simbol fonetik memudahkan kita untuk melafalkan suatu kata dengan tepat. Tidak jauh berbeda dengan bahasa Inggris, simbol fonetik membantu orang-orang seperti saya dan sobat, untuk melafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan lebih tepat lantaran kita bisa 'membaca' pengucapan kata-kata bahasa Inggris tersebut.

Karena catatan kali ini akan menyoroti hanya pada kata-kata bahasa Inggris, maka kita akan mengupas simbol fonetik khususnya pada bahasa Inggris.

Seperti halnya dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris juga memiliki huruf yang terdiri dari: huruf vokal dan huruf konsonan. Huruf vokal (dalam bahasa Inggris disebut vowel) atau lebih dikenal dengan sebutan huruf hidup dalam bahasa Indonesia. Sementara huruf konsonan (dalam bahasa Inggris dinamakan consonant) atau lebih dikenal dalam bahasa Indonesia dengan sebutan huruf mati.

SImbol Fonetik Bahasa Inggris
SImbol Fonetik Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Meskipun demikian, huruf-huruf atau alfabet bahasa Inggris tidak sepenuhnya mewakili bunyi dari kata-kata bahasa Inggris. Oleh karena itulah, kita memerlukan simbol fonetik agar dapat membantu dan memudahkan kita membaca kata-kata bahasa Inggris lebih tepat.

Apabila kamu membuka kamus satu bahasa yaitu Inggris-Inggris, kita akan mendapati simbol ini pada bagian definisi kata seperti terlihat pada gambar berikut.

SImbol Fonetik Bahasa Inggris


Dalam simbol fonetik bahasa Inggris, sobat akan mendapati tiga bagian simbol bunyi yaitu:

Vowels
Consonants, dan
Dipthongs


Berikut ini, kita akan menelusuri ketiganya yang dipandang dari masing-masing simbol dan pengucapannya.


Vowels

Vowel atau vokal adalah bunyi yang dihasilkan dengan mengalirkan udara keluar tanpa adanya halangan. Dengan kata lain, udara yang menghasilkan suara bebas mengalir dan tidak terhalang.

Simbol bunyi vowels atau vokal berdasarkan bagamana cara kita mengucapkannya meliputi:

Long vowels dan short vowels

Vowels
Long Vowels
sheep
ɑː
farm
coo
ɔː
horse
ɜː
bird
Short Vowels
ɪ
ship
e
head
æ
hat
ə
above
ʊ
foot
ɚ
mother (US)
ɒ
sock (UK)
ɝ
worm (US)
ʌ
cup

Long vowels atau vokal panjang adalah bunyi yang dilafalkan agak panjang atau lebih lama.

Simbol vokal panjang mencakup;
iː , ɑː , uː , ɔː , ɜː

Berikut ini, kita akan melihat lebih dekat bentuk-bentuk simbol vokal panjang dan bagaimanakah cara mengucapkan simbol-simbol tersebut.


Simbol bunyi /iː / dipandang dari bentuknya, dituliskan sama seperti huruf i kecil, kemudian ditambahkan tanda titik dua (:). Tanda titik dua ini menandakan bunyi panjang.

Kamu melafalkan simbol /iː/ seperti kamu mengucapkan huruf i, tapi kita lafalkan dengan lebih panjang seperti bunyi ii, misalnya,

Tulisan
Dibaca
Arti
eat
/i:t/
makan
cheap
/tʃi:p/
murah
cheat
/tʃi:t/
menipu
beat
/bi:t/
memukul
deal
/di:l/
sepakat


ɑː

Simbol bunyi /ɑː/ dituliskan sama seperti huruf a kecil, kemudian ditambahkan tanda titik dua (:). Tanda titik dua ini menandakan bunyi panjang.

Untuk melafalkan simbol /ɑː/, kamu cukup ucapkan huruf a lebih panjang sehingga terdengar seperti bunyi aa, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
far
/fɑː:r/
jauh
arm
/ɑː:rm/
lengan
cart
/kɑː:rt/
gerobak, kereta
car
/kɑː:r/
mobil
card
/kɑː:rd/
kartu


Simbol bunyi /uː/ dilihat dari bentuknya penulisannya seperti huruf u kecil, kemudian ditambahkan tanda titik dua (:). Tanda titik dua ini menandakan bunyi panjang.

Untuk melafalkan simbol /uː/, kamu ucapkan huruf u lebih panjang sehingga terdengar seperti bunyi uu, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
clue
/kluː/
petunjuk
blue
/bluː/
biru
glue
/ɡluː/
perekat
good
/ɡuːd/
bagus, baik
food
/fuːd/
makanan


ɔː

Simbol bunyi /ɔː/ dituliskan menyerupai huruf o yang terputus di sisi kirinya, kemudian ditambahkan tanda titik dua (:). Tanda titik dua ini menandakan bunyi panjang.

Untuk melafalkan simbol /ɔː/, kita membentuk mulut seperti hendak mengucapkan huruf a, tapi bunyi yang dihasilkan adalah suara huruf o lebih panjang sehingga terdengar seperti bunyi oo, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
brought
/brɔː :t/
membawa
bought
/bɔː t/
membeli
course
/kɔː rs/
arah, kursus
four
/fɔː r/
empat
shot
/ʃ ɔː t/
jepretan 


ɜː

Simbol bunyi /ɜː/ dipandang dari penulisannya menyerupai angka tiga, kemudian ditambahkan tanda titik dua (:). Tanda titik dua ini menandakan bunyi panjang.

Untuk melafalkan simbol /ɜːː/, kita ucapkan seperti huruf e pada pada kata ke, melati. Simbol ini dilafalkan lebih panjang sehingga terdengar seperti bunyi ee, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
firm
/fɜːː rm/
tegas, tetap
girl
/ɡɜːː rl/
gadis
birth
/bɜːː rθ/
kelahiran
cicrle
/sɜːː rkəl/
lingkaran
bird
/bɜːː rd/
burung


Sedangkan, short vowels atau vokal pendek adalah bunyi yang dilafalkan pendek.

Simbol vokal pendek mencakup;
ɪ , æ , ʊ , ɒ , ʌ , e , ə , ɚ , ɝ

Berikut ini, kita akan melihat lebih dekat bentuk-bentuk simbol vokal pendek dan bagaimanakah mengucapkan simbol-simbol tersebut.


ɪ

Simbol bunyi /ɪ/ dituliskan sama seperti huruf i besar. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Kamu melafalkan simbol /ɪ/ seperti kamu mengucapkan huruf i pada kata Indonesia dan kamu lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi i, tapi terdengar seperti bunyi e, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
bring
/brɪŋ/
membawa
milk
/mɪlk/
susu
in
/ɪn/
di dalam 
sit
/sɪt/
duduk
win
/wɪn/
menang 


æ

Simbol bunyi /æ/ dituliskan sama seperti gabungan dua huruf kecil dari a dan e. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Untuk melafalkan simbol /æ/, kamu membentuk mulut seperti mengucapkan huruf a, tapi bunyi yang kamu lafalkan adalah huruf e, dan lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi ae, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
bat
/bæt/
kelelawar
cat
/kæt/
kucing
rat
/ræt/
tikus besar
hat
/hæt/
topi
fact
/fækt/
kenyataan


ʊ

Simbol bunyi /ʊ/ dituliskan sama seperti huruf u yang hampir menutupi bagian atasnya. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Untuk melafalkan simbol /ʊ/, kamu mengucapkan huruf u dan kita lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi u, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
bull
/bʊl/
banteng
bush
/bʊʃ/
semak-semak
full
/fʊl/
penuh
pull
/pʊl/
menarik, mencabut
put
/pʊt/
meletakkan


ɒ

Simbol bunyi /ɒ/ dituliskan mirip seperti huruf a kecil terbalik. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Kamu melafalkan simbol /ɒ/ seperti sobat mengucapkan huruf o pada kata soto, dan kamu lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi o, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
top
/tɒp/
atas, puncak
from
/frɒm/
dari
clock
/klɒk/
jam dinding
box
/bɒks/
kotak
dot
/dɒt/
titik


ʌ

Simbol bunyi /ʌ/ dituliskan mirip seperti huruf a besar tanpa tanda garis melintang. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Sobat melafalkan simbol /ʌ/ seperti kamu mengucakan huruf a dan kamu lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi a, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
but
/bʌt/
tapi
cup
/kʌp/
cangkir
blood
/blʌd/
darah
flood
/flʌd/
banjir
cut
/kʌt/
potong


e

Simbol bunyi /e/ dituliskan mirip seperti huruf e. Tanpa tanda titik dua (:). Hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Kamu melafalkan simbol /e/ seperti sobat mengucapkan huruf e pada kata besar dan kamu lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi e, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
bet
/bet/
bertaruh
desk
/desk/
meja tulis
get
/get/
mendapat
set
/set/
setel
let
/let/
biar


ə

Simbol bunyi /ə/ dituliskan mirip seperti huruf e terbalik. Tanpa tanda titik dua (:), hal ini menandakan bahwa simbol ini dilafalkan pendek.

Sobat melafalkan simbol /ə/ seperti kamu mengucapkan huruf e pada kata mental, yang berarti terpental dan kamu lafalkan tidak panjang, tapi pendek seperti bunyi e, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
ago
/əgəʊ/
yang lalu
about
/əbaut/
tentang
above
/əbʌv/
di atas
surprise
/sərpraiz/
kejutan
focus
/fəʊkəs/
fokus


Consonants

Consonant atau konsonan adalah bunyi yang dihasilkan dengan mengalirkan udara keluar dengan rintangan. Dalam kata lain, yang dimaksud dengan rintangan adalah terhambatnya udara keluar oleh adanya gerakan atau perubahan posisi artikulator.

Simbol bunyi consonant atau konsonan berdasarkan bagamana cara kita mengucapkannya meliputi:

Voiced consonants dan voiceless consonants

Consonants
Voiced
b
book
d
day
ɡ
give
v
very
ð
the
z
zoo
ʒ
vision
jump
l
look
r
run
j
yes
w
we
m
moon
n
name
ŋ
sing
Voiceless
p
pen
t
town
k
cat
f
fish
θ
think
s
say
ʃ
she
cheese


Voiced consonants atau Konsonan Bersuara, adalah bunyi yang dihasilkan disertai getaran pita suara kita.

Simbol konsonan bersuara mencakup;

b , d , ɡ , v , ð , z , ʒ , dʒ , l , r , j , w , m , n , ŋ

Karena simbol bunyi konsonan bersuara memiliki banyak kemiripan bunyi dengan huruf bahasa Indonesia seperti simbol b, d, ɡ, l, r, j , w, m , n, kita hanya akan menelusuri simbol-simbol fonetik bahasa Inggris yang berbeda pengucapannya dengan bunyi huruf bahasa Indonesia.

Berikut ini, kita akan melihat lebih dekat beberapa bentuk-bentuk simbol konsonan bersuara dan bagaimanakah mengucapkan simbol-simbol tersebut.


v

Simbol bunyi /v/ dipandang dari bentuknya dituliskan sama seperti huruf v. Bunyi dari simbol /v/ tidak sama dengan bunyi huruf v dalam bahasa Indonesia. Karena kecendrungan orang Indonesia melafalkan bunyi /v/ terdengar sama seperti huruf f, maka pastikan pengucapannya berbeda.

Untuk menghasilkan bunyi simbol /v/ yaitu membentuk mulut setengah seperti ketika ingin mengucapkan huruf b dan pastikan pita suara kamu bergetar sehingga mengeluarkan bunyi huruf 'veh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
vibe
/vaib/
suasana
very
/veri/
sangat
invite
/invait/
undang
visit
/vizit/
kunjungi
conversation
/kɑnvərseɪʃən/
percakapan


ð

Simbol bunyi /ð/ dipandang dari bentuknya mirip seperti huruf t yang bagian ujung lainnya menyerupai huruf d.

Simbol bunyi /ð/ dihasilkan seperti sobat melafalkan bunyi gabungan antara huruf d dan h. Dan pastikan pita suara kamu bergetar. Bunyinya mirip seperti kamu mengucapkan 'dheh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
father
/fɑðər/
ayah
mother
/mʌðər/
ibu
that
/ðæt/
itu
though
/ðəʊ/
walaupun
with
/wɪð/
dengan


z

Simbol bunyi /z/ dipandang dari bentuknya sama seperti menuliskan huruf z kecil.

Untuk menghasilkan simbol bunyi /z/, sobat melafalkan huruf z dan mendesis serta pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti 'zeh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
zebra
/ziː.brə/
zebra
zero
/zɪə.rəʊ/
nol
zoo
/zuː/
kebun binatang
zone
/zəʊn/
area
zoom
/zuːm/
memperbesar


ʒ

Simbol bunyi /ʒ/ dipandang dari bentuk penulisannya sama dan menyerupai seperti angka 3 besar.

Untuk melafalkan simbol /ʒ/, sobat mengucapkan huruf j dan kamu lafalkan serta pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'jeh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
television
/teləˌvɪʒən/
televisi
usually
/juː.ʒuəlɪ/
biasanya
luxury
/lʌɡ·ʒərɪ/
kemewahan
decision
/dɪˈsɪʒən/
keputusan
conclusion
/kənˈklu·ʒən/
kesimpulan


Simbol bunyi /dʒ/ dipandang dari bentuk penulisannya sama seperti gabungan antara huruf d dan angka 3 besar.

Untuk melafalkan simbol /dʒ/, sobat perlu membentuk mulut seperti akan mengucapkan huruf d, kemudian lafalkan huruf j dan pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'djeh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
jar
/dʒɑːr/
toples
job
/dʒɒb/
pekerjaan
jump
/dʒʌmp/
lompat
joke
/dʒəʊk/
gurauan
justice
/dʒʌs.tɪs/
keadilan


j

Simbol bunyi /j/ dipandang dari bentuk penulisannya sama seperti huruf j.

Untuk melafalkan simbol /j/, kamu mengucapkan huruf y dan lafalkan serta pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'yeh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
year
/jɪər/
tahun
yes
/jes/
ya
yell
/jel/
berteriak
young
/jʌŋ/
muda
youth
/juːθ/
masa muda


ŋ

Simbol bunyi /ŋ/ dipandang dari bentuk penulisannya mirip seperti huruf n dan salah satu kakinya lebih panjang.

Untuk melafalkan simbol /ŋ/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf n dan g, serta pastikan pita suara kamu bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'ng', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
sing
/sɪŋ/
menyanyi
bank
/bæŋk/
bank
blank
/blæŋk/
kosong
language
/læŋ·ɡwɪdʒ/
bahasa
strong
/strɑːŋ/
kuat

Sedangkan, voiceless consonants atau Konsonan Tak Bersuara, atau lebih tepatnya tanpa getaran adalah bunyi yang diproduksi tanpa adanya getaran pita suara.

Simbol konsonan tanpa suara mencakup;

p , t , k , f , θ , s , ʃ , tʃ

Karena simbol bunyi konsonan tanpa suara memiliki beberapa kemiripan bunyi dengan huruf bahasa Indonesia seperti simbol p , t , k , f , s , kita hanya akan menyoroti simbol-simbol fonetik yang berbeda pengucapannya dengan bunyi huruf bahasa Indonesia.

Berikut ini, kita akan melihat beberapa bentuk-bentuk simbol konsonan tanpa suara atau getaran dan bagaimanakah mengucapkan simbol-simbol tersebut.


θ

Simbol bunyi /θ/ dituliskan mirip seperti angka 0 dan terdapat garis melintang pada bagian tengah.

Untuk melafalkan simbol /θ/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf t dan h yang mana udara mengalir melalui gigi atas dan gigi bawah, serta pastikan pita suara kamu tidak bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'theh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
thin
/θɪn/
kurus
tooth
/tuːθ/
gigi
three
/θriː/
tiga
think
/θɪŋk/
berpikir
thing
/θɪŋ/
sesuatu


ʃ

Simbol bunyi /ʃ/ dituliskan mirip seperti huruf s yang melar seperti ditarik dari dua sisi.

Untuk melafalkan simbol /ʃ/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf s dan h, serta pastikan pita suara kamu tidak bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'sheh', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
she
/ʃi:/
dia
shot
/ʃɑːt/
tembakan
share
/ʃær/
berbagi
finish
/fɪnɪʃ/
selesai
English
/ɪŋ.ɡlɪʃ/
bahasa Inggris


Simbol bunyi /tʃ/ dituliskan mirip seperti gabungan dua huruf t dan s yang melar.

Untuk melafalkan simbol /tʃ/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf c dan h, serta pastikan pita suara kamu tidak bergetar sehingga terdengar seperti bunyi 'cheh'.

Pastikan bunyi yang dihasilkan bukan bunyi seperti huruf c karena tidak ada bunyi huruf c dalam bahasa Inggris, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
chair
/tʃer/
kursi
chance
/tʃæns/
kesempatan 
change 
/tʃeɪndʒ/
merubah 
lecturer
/lek.tʃə.ər/
dosen 
teacher
/tiː.tʃər/
guru


Diphthong

Diphthong adalah suatu bunyi yang dihasilkan dengan menggabungkan dua bunyi vokal yang terdengar sebagai satu bunyi.

Simbol bunyi diphthong merupakan gabungan dari dua simbol bunyi vokal.

Diphthongs

day
eye
ɔɪ
boy
mouth
əʊ
nose (UK)
nose (US)
ɪə
ear (UK)
hair (UK)
ʊə
pure (UK)


Simbol dipthong mencakup;

eɪ , aɪ , ɔɪ , aʊ , əʊ , oʊ , ɪə , eə , ʊə

Berikut ini, kita akan melihat lebih dekat bentuk-bentuk simbol diphthong dan bagaimanakah mengucapkan simbol-simbol tersebut.


Simbol bunyi /eɪ/ dituliskan sama seperti dua huruf e kecil dan huruf i besar.

Untuk melafalkan simbol /eɪ/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf e dan i sehingga terdengar seperti bunyi 'ei', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
day
/deɪ/
hari
date 
/deɪt/
tanggal
May
/meɪ/
bulan mei
great
/greɪt/
hebat 
steak
/steɪk/
bistik


Simbol bunyi /aɪ/ dituliskan sama seperti dua huruf a kecil dan huruf i besar.

Untuk melafalkan simbol /aɪ/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf a dan i sehingga terdengar seperti bunyi 'ai', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
life
/laɪf/
hidup
eye
//
mata
quite
/kwaɪt/
agak
kind
/kaɪnd/
jenis, baik
wifi
/waɪ.faɪ/
wifi


ɔɪ

Simbol bunyi /ɔɪ/ dituliskan mirip seperti dua huruf o kecil dan huruf i besar.

Untuk melafalkan simbol /ɔɪ/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf o dan i sehingga terdengar seperti bunyi 'oi', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
boy
/bɔɪ/
anak laki
toy
/tɔɪ/
mainan
choice
/tʃɔɪs/
pilihan 
noise
/nɔɪz/
bising
enjoy
/ɪnˈdʒɔɪ/
nikmati 


Simbol bunyi /aʊ/ dituliskan mirip seperti dua huruf; a kecil dan huruf u kecil.

Untuk melafalkan simbol /aʊ/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf a dan u sehingga terdengar seperti bunyi 'au', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
out
/aʊt/
keluar
mouse
/maʊs/
tetikus
mouth
/maʊθ/
mulut
sound
/saʊnd/
suara
house 
/haʊs/
rumah


əʊ

Simbol bunyi /əʊ/ dituliskan mirip seperti dua huruf e kecil terbalik dan huruf u kecil.

Untuk melafalkan simbol /əʊ/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf e dan u sehingga terdengar seperti bunyi 'eu'. Bunyi dipthong ini biasanya ciri khas aksen orang Inggris, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
so
/səʊ/
jadi
no
/nəʊ/
tidak
home
/həʊm/
rumah
show
/ʃəʊ/
tunjukkan
don't
/dəʊnt/
tidak


Simbol bunyi /oʊ/ dituliskan mirip seperti dua huruf o kecil dan huruf u kecil.

Untuk melafalkan simbol /oʊ/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf o dan u sehingga terdengar seperti bunyi 'ou'. Bunyi dipthong ini biasanya ciri khas aksen orang Amerika, misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
so
/soʊ/
jadi
no
/noʊ/
tidak
home
/hoʊm/
rumah
show
/ʃoʊ/
tunjukkan
don't
/doʊnt/
tidak


ɪə

Simbol bunyi /ɪə/ dituliskan mirip seperti dua huruf i besar dan huruf e kecil.

Untuk melafalkan simbol /ɪə/, sobat mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf i dan e sehingga terdengar seperti bunyi 'ie', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
idea
/aɪˈdɪә/
gagasan
appear
/әˈpɪә/
muncul
near
/nɪә/
dekat
career
/kәˈrɪә/
karir
here
/hɪә/
di sini


Simbol bunyi /eə/ dituliskan mirip seperti dua huruf e kecil dan huruf e kecil terbalik.

Untuk melafalkan simbol /eə/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf e pada kata ekor dan e pada kata mental (terpental) sehingga terdengar seperti bunyi 'ee', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
air
/eә/
udara
hair
/heә/
rambut
there
/ðeə/
di sana
share
/ʃær/
berbagi
wear
/weə/
kenakan


ʊə

Simbol bunyi /ʊə/ dituliskan mirip seperti dua huruf u kecil dan huruf e kecil terbalik.

Untuk melafalkan simbol /ʊə/, kamu mengucapkan seperti bunyi gabungan antara dua huruf u dan e sehingga terdengar seperti bunyi 'ue', misalnya,


Tulisan
Dibaca
Arti
sure
/ʃʊər/
yakin
poor
/pʊә/
miskin
secure
/sɪˈkjʊәr/
aman
cure
/kjʊər/
sembuhkan
mature
/məˈtʃʊər/
dewasa

Demikianlah catatan singkat mengenai simbol fonetik bahasa Inggris yang dipandang dari penulisan simbol, pengucapan simbol dan contoh kata-kata bahasa Inggris.

Semoga kiranya catatan ini memuaskan rasa ingin tahu sobat. Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:

https://www.teachingenglish.org.uk/article/voiced-unvoiced-consonants-0 (Accessed 2017-19-17)
https://englishpronunciationroadmap.com/voiceless-consonants/
 (Accessed 2017-19-17)
https://www.spelfabet.com.au/2015/09/whats-the-difference-between-short-and-long-vowels/ (Accessed 2017-19-17)
https://blog.udemy.com/short-and-long-vowel-differences/ (Accessed 2017-19-17)

1 Response to "Kenalilah Simbol Fonetik Agar Mudah Ucapkan Kata-Kata Bahasa Inggris "

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel