Apa Bedanya Where Are You From dan Where Do You Come From?

Tatkala kita mengajukan pertanyaan mengenai asal seseorang,  dalam bahasa Indonesia, biasanya kita mengutarakannya dengan pertanyaan seperti;

Kamu berasal dari mana?
Atau, asal kamu dari mana?

Nah, pertanyaannya adalah bagaimanakah cara mengutarakannya dalam bahasa Inggris?

Pada umumnya, ketika menanyakan asal seseorang, para pembelajar bahasa Inggris biasanya menggunakan pertanyaan where are you from? atau where do you come from?. Bahkan ada pula yang menggunakan where are you come from? Dan malah ada juga yang menggunakan where do you from?

Apakah keempat pertanyaan tersebut sama? Ataukah berbeda? Manakah dari keempat pertanyaan bahasa Inggris tersebut benar menurut tata bahasa?

Perbedaan where are you from dan where do you come from
Perbedaan where are you from dan where do you come from - langitbirukata.com

Pertama-tama, kita akan meneropong dari kacamata tata bahasa dari beberapa aneka ragam pertanyaan tentang asal ini.


Tata Bahasa

Kalau ditanya pertanyaan mana yang benar menurut tata bahasa Inggris antara where are you from? dan where do you come from?

Kedua pertanyaan tersebut di atas dari sudut pandang tata bahasa Inggris adalah benar, dan tidak ada yang salah.

Sedangkan, pertanyaan where are you come from? dan where do you from? adalah salah menurut tata bahasa Inggris. Sekali lagi, saya katakan kedua pertanyaan ini salah.

Alasannya adalah karena kata come dalam pertanyaan where are you come from? termasuk kata kerja, maka kata kerja bantu yang digunakan yaitu do, bukan are.

Sementara pertanyaan where do you from? tidak mengandung kata kerja sehingga kata bantu yang digunakan adalah are bukan do.

Jadi, seyogyanya kamu tidak dapat menggunakan dua pertanyaan yang salah ini ketika bertanya tentang asal seseorang.


Persamaan

Dalam penggunaan tenses, baik itu pertanyaan where are you from? atau where do you come from? sama-sama menggunakan Present Tense. Jadi, kedua pertanyaan ini memiliki peran yang setara senada dengan penggunaan dalam present tense.

Di samping merujuk tenses yang sama, kedua pertanyaan ini sama-sama dapat digunakan untuk menanyakan asal seseorang. Jadi, kalau kamu ingin bertanya asal seseorang, kamu dapat menggunakan salah satu dari kedua pertanyaan ini.

Namun, kendati keduanya memiliki penggunaan yang sama, sobat perlu mencermati perbedaan keduanya agar dalam praktiknya tidak keliru tatkala menggunakan kedua pertanyaan ini. Simak catatan perbedaan keduanya setelah yang berikut ini.


Perbedaan

Perbedaan secara kasat mata terletak pada kata are dan do yang melekat pada kedua pertanyaan tersebut. Selain itu terdapat kata from, yang didampingi oleh are, dan kata come ,yang berdampingan dengan kata do.

Perbedaan pola penulisan kedua pertanyaan ini terkesan sepele, tapi justru inilah yang menuntun kita pada perbedaan mendasar antara keduanya.

Perbedaan yang mendasar antara keduanya terletak pada penafsiran dan situasi penggunaannya yang akan kita telusuri berikut ini.


Where are you from?

Penggunaan pertanyaan where are from? paling umum digunakan oleh para penutur bahasa Inggris di negara Amerika serikat.

Secara harfiah, pertanyaan where are you from? dapat diterjemahkan 'kamu berasal dari mana?'

Pertanyaan where are you from? ini menyiratkan bahwa kamu ingin tahu di mana kota atau provinsi, negara bagian atau negara dari lawan bicara kamu berasal atau dapat pula menanyakan suatu tempat selain saat ini lawan bicara kamu berada.

Terkadang, pertanyaan ini dapat pula agak membingungkan lantaran 'asal seseorang dari mana' tidak selalu berarti di mana dia tinggal sekarang.

Misalnya, seseorang dengan latar belakang etnis tertentu bisa saja 'berasal dari' tempat lain yang berbeda dengan tempat di mana dia tinggal sekarang. Mungkin, akan lebih baik apabila ketika merespon pertanyaan where are you from? dengan memisahkan latar belakang keluarga dan tempat tinggal kamu saat ini.

Misalnya,

Where are you from?
Asal kamu dari mana?

I am originally from Banjarmasin, South Kalimantan, but I live in Semarang.
Saya berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tapi saat ini, saya tinggal di Semarang.


Where do you come from?

Sementara pertanyaan where do you come from? memberi kesan agak berbau 'tempo doeloe' karena memang saat ini jarang penutur dari beberapa negara berbahasa Inggris menuturkannya.

Secara harfiah, pertanyaan where do you come from? diterjemahkan 'kamu datang dari mana?'

Pertanyaan ini, terutama di Amerika Serikat, dapat disalahartikan kalau kamu ingin tahu asal latar belakang keluarga atau etnis mana lawan bicara kamu berasal kendati demikian kamu masih dapat menggunakan pertanyaan where do you come from ini untuk menanyakan asal seseorang.

Misalnya,

Where do you come from?
Dari mana kamu datang (asalnya)?

I come from Denpasar, Bali island.
Aku datang (berasal) dari Denpasar, pulau Bali.

Namun, kamu sebaiknya mencermati dengan seksama dengan siapa kamu menggunakan pertanyaan where do you come ini. Jika tidak, bisa saja lawan bicara kamu agak tersinggung atau jengkel dan menafsirkannya sebagai bentuk rasisme. Karena cukup banyak orang Amerika merupakan keturunan pendatang dari negara-negara lain.


Where did you come from?

Mirip dengan pertanyaan sebelumnya, pertanyaan where did you come from? tidak bertujuan untuk menanyakan asal seseorang, tapi pertanyaan ini menanyakan keberadaan seseorang.

Secara harfiah, pertanyaan where did you come from diterjemahkan 'kamu habis dari mana tadi?'

Ditilik dari penggunaan tenses, pertanyaan ini menggunakan Past Tense dapat kamu amati dari kata did sehingga pertanyaan yang satu ini mempunyai peran senada dengan penggunaan past tense.

Pertanyaaan where did you come from? menyiratkan kamu ingin mengetahui dari mana sebelumnya lawan bicara kamu datang sebelum dia berada di hadapan kamu.

Selain itu pertanyaan ini dapat pula digunakan untuk menunjukkan keterkejutan kamu atas kehadiran atau kedatangannya yang tiba-tiba dan tidak terduga sebelumnya.

Misalnya,

Where did you come from?
Kamu habis dari mana tadi?

I was just around this neighborhood.
Aku kebetulan berada di sekitar sini.


Catatan

Menurut catatan Google Ngrams, pertanyaan where do you come from? dulunya sempat umum digunakan oleh para penutur bahasa Inggris Amerika hingga tahun 1965, sedangkan dalam bahasa Inggris Britania, pertanyaan ini umum dituturkan hingga menjelang tahun 1984.

Demikianlah catatan pendek mengenai perbedaan where are you from? dan where do you come from? Kiranya dapat menjawab rasa ingin tahu sobat.

Terima kasih atas waktu yang sobat luangkan untuk membaca artikel ini. Sampai bersua kembali dengan catatan lainnya.


Referensi:

https://books.google.com/ngrams/graph? (accessed 2018-02-15)
https://ell.stackexchange.com/questions/29957 (accessed 2018-02-15)

3 Responses to "Apa Bedanya Where Are You From dan Where Do You Come From?"

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel