Cara yang Tidak Biasa agar Kamu Bisa Membedakan antara Frasa, Klausa dan Kalimat

  1. In Semarang many tourism objects to pay a visit. 
  2. Because of many people are not familiar enough with Semarang, they don’t know where to go. 
  3. Lumpia Semarang specialty, a thin pastry sheet with bamboo shoots, egg, fresh and vegetables. 
  4. Because not a lot of people know about Semarang. 

Beberapa kalimat diatas adalah contoh apa yang bisa saja terjadi pada cara kita menulis apabila kita tidak bisa membedakan antara Frasa, Klausa, dan Kalimat.

Suatu ketika saya mencoba menanyakan kepada beberapa murid apa perbedaan di antara ke tiganya. Kemuadian jawaban mereka adalah:

Phrase itu adalah frasa,

Clause itu adalah klausa,,

sedangkan Sentence adalah kalimat.


Pemahaman mereka tentang phrase, clause dan sentence baru sebatas menerjemahkan kata-kata tersebut. Lantas apa yang membedakan ketiganya?

Mengenai istilah frasa dan klausa, kamu mungkin belum mengerti benar, tapi untuk istilah kalimat, saya yakin kamu pasti sudah mengerti setidaknya kamu sudah bisa mengidentifikasi sebuah kalimat ketika menemukan tanda baca titik (.) di akhir kata dari kalimat tersebut.

Cara Tidak Biasa Membedakan frasa, klausa dan kalimat
Cara Tidak Biasa Membedakan frasa, klausa dan kalimat - langitbirukata.com


Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, pastikan kamu sudah mengerti benar dengan konsep “Cinta Sejati dalam kalimat bahasa Inggris” Apabila belum silakan baca “Cinta Sejati dalam kalimat bahasa Inggris”.


Apa itu Frasa?

Frasa adalah kumpulan kata setidaknya dua kata yang memiliki arti, tetapi tidak ditemukan adanya“Cinta Sejati” didalamnya

(Tidak ada Romeo dan hanya ada Juliet, atau tidak ada Juliet tapi ada Romeo, ataupun tidak ada keduanya baik itu Romeo ataupun Juliet),

misalnya:



A beautiful

House




Romeo1





Very

fast




No Romeo
No Juliet





Stand

Up




Juliet1




Apa itu Klausa?

Klausa adalah kumpulan kata setidaknya dua kata yang menpunyai arti, dan di temukan adanya sepasang “cinta sejati” di dalamnya (bila hanya ada Romeo, maka tidak ada "cinta sejati".

Dan sebaliknya apabila hanya ada Juliet, maka tidak mungkin ada "cinta sejati" apalagi kalau tidak ada keduanya maka "cinta sejati" tidak pernah ada), 

misalnya:

I

want

to sleep


Romeo

Juliet




 Because reading novel all the time


 makes


me


tired

Romeo

Juliet






Apa itu Kalimat?

Kalimat adalah kumpulan kata yang mempunyai makna dan terdiri sedikitnya satu pasang 'Cinta sejati' di dalamnya. (setidaknya harus ada satu klausa dan klausa tersebut haruslah sebuah klausa “ibu”)

Apa itu klausa ibu? Penjelasan rinci akan di bahas tersendiri, 

contoh kalimat sebagai berikut:

My brother

loves

seafood

very much






Romeo1

Juliet1








My brother

loves

seafood

very much

, but

my little sister

doesn’t like

it

at all

Romeo1

Juliet1




Romeo2

Juliet2





Jadi di dalam sebuah kalimat sekurang terdiri dari satu pasang “cinta sejati” atau satu klause, yaitu klausa "ibu" ("mother" clause).

Akhir kata, saya ingin katakan kalau ke empat contoh di atas bukanlah kalimat. Dan apabila kamu mengerti penjelasan saya mengenai perbedaan antara frasa, klausa dan kalimat, saya yakin kamu bisa memberikan alasan kenapa contoh di atas bukalah kalimat.

Langit Biru Not every single day but only were dark clouds and tears in raindrops. After a while the rainbow came out and turned to the blue sky. With all this, he just wishes to share. 
Buy Me a Cup of Coffee

0 Response to "Cara yang Tidak Biasa agar Kamu Bisa Membedakan antara Frasa, Klausa dan Kalimat"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel