25 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia dalam Bahasa Inggris

Kata merdeka atau kemerdekaan bisa jadi tidak memberi arti apa-apa bagi kita yang hidup dan menghirup udara kebebasan. Setiap hari kita bebas pergi ke sekolah, ke kampus, ke kantor dan ke manapun kita ingin pergi atau bebas mengenakan pakaian apapun, bebas makan dan minum apapun yang kita inginkan dan bebas berbicara dan berpendapat tanpa perlu khawatir karena segalanya mudah didapat dan dilakukan.

Tapi makna kemerdekaan begitu dirindukan oleh mereka yang hidup di masa tatkala segalanya serba sulit, tidak bebas pergi ke manapun, sulit mendapatkan pakaian,  makanan, minuman yang layak, tidak bebas berbicara dan berpendapat, bahkan penuh rasa ketakutan dan kekhawatiran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merdeka mempunyai tiga arti, yakni sebagai berikut:

Bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya), berdiri sendiri.
Tidak terkena atau lepas dari tuntutan.
Tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu, leluasa.

Sementara, kemerdekaan adalah keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan


Menurut kamus daring bahasa Inggris Cambridge Dictionary, kata merdeka, atau free dalam bahasa Inggris, memiliki arti:

Not limited or controlled.
Tidak dibatasi atau dikendalikan

Not or no longer a prisoner or an enslaved person.
Tidak menjadi seorang tahanan atau budak.

Not having something that is unwanted:
Terbebas dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Sementara kemerdekaan atau freedom menurut kamus bahasa Inggris yang sama berarti:

The condition or right of being able or allowed to do, say, think, etc. whatever you want to, without being controlled or limited.
Suatu kondisi atau hak dapat atau diperbolehkan untuk melakukan, berkata, berpikir dan lainnya. apapun yang kamu inginkan tanpa dikendalikan atau dibatasi. 

Bagi sebagian orang, terkadang kemerdekaan hanya dimaknai secara harfiah, mereka memaknai kemerdekaan dengan melakukan, berkata,  dan bersikap sekehendak hati tanpa   memandang kebebasan orang lain sehingga yang terjadi percikan-percikan perseteruan, perselisihan hingga berujung pertikaian.

Kemerdekaan berarti sesuatu yang lebih besar dari sekadar hak untuk bertindak apa pun yang  dipilih, kemerdekaan juga berarti memberi kesempatan yang sama pada setiap orang untuk hidup merdeka, dan mengejar kebahagiaan mereka.

How about you? What does freedom mean to you?
Bagaimana dengan kamu apa arti kemerdekaan  buat kamu?

Ucapan Hari Kemerdekaan Bahasa Inggris - langitbirukata.com
Ucapan Hari Kemerdekaan Bahasa Inggris - langitbirukata.com

Apabila sobat saat ini ingin menghaturkan selamat hari kemerdekaan, tapi masih bingung memilih dan memilah rangkaian kata. Kiranya kumpulan ucapan selamat hari kemerdekaan bahasa Inggris ini dapat memberi inspirasi buat sobat.

Berikut kumpulan ucapan selamat hari kemerdekaan yang disuguhkan dalam bahasa Inggris dan artinya dalam bahasa Indonesia sebagai doa dan harapan di hari kemenangan ini.


Ucapan Hari Kemerdakan Bahasa Inggris

Today I wish to congratulate all people with this significant day. Our independence – it‘s our beginning of everything. Happy independence day!
Hari ini, ku ingin ucapkan selamat pada semua orang di hari yang sungguh berarti ini. Kemerdekaan kita - adalah awal dari segalanya. Selamat hari kemerdekaan.
Let’s raise our hands and celebrate this day, let’s stand up so high to show respect for the great ones who died for our independence, let’s sing our national anthem with flags in hand and celebrate this wonderful day!
Mari kita angkat tangan dan rayakan hari ini, mari kita berdiri tegak untuk tunjukkan rasa hormat kepada orang-orang hebat yang mati demi kemerdekaan kita, mari kita nyanyikan lagu kebangsaan kita dengan bendera di tangan dan merayakan hari yang indah ini!
Happy Independence Day to everyone, I wish you all faith in the words, freedom in the mind and pride in your souls. Let’s celebrate Independence Day!
Selamat Hari Kemerdekaan untuk semua orang. Ku berharap dan berdoa dengan kata-kata penuh rasa percaya, kemerdekaan dalam pikiran dan kebanggaan dalam jiwa kamu. Mari rayakan Hari Kemerdekaan!
We may never know how it feels like to live in a free country if it was not for the bravery of our fathers. Today they deserve a big salute from us. Happy Independence Day!
Kita mungkin tidak pernah tahu bagaimana rasanya hidup di negara merdeka jika bukan karena keberanian para pendahulu kita. Hari ini mereka layak mendapat penghormatan besar dari kita. Selamat Hari Kemerdekaan!.
Today is a day to feel proud of being a part of this great nation. May this spirit of freedom leads us all to success and glory in life. Happy Independence Day!
Hari ini adalah hari untuk merasa bangga menjadi bagian dari bangsa yang besar ini. Semoga semangat kemerdekaan ini menuntun kita semua menuju keberhasilan dan kemuliaan dalam hidup. Selamat Hari Kemerdekaan!.
Always stand for what you believe, stand for what is right and stand for what you desire. True freedom lies where the mind is without fear. Happy Independence Day!
Senantiasa membela apa yang kamu percayai, membela yang benar dan membela apa yang kamu dambakan. Kemerdekaan sejati terletak di mana pikiran tak dipenuhi rasa takut. Selamat Hari Kemerdekaan!.
Without freedom, life is worthless. Today, take a minute to thank our forefathers because they bought this freedom for us with their blood. Happy Independence Day!
Tanpa kemerdekaan, hidup tidak ada artinya. Hari ini, luangkan waktu sejenak untuk mengheningkan cipta kepada pendahulu kita karena mereka telah membeli kemerdekaan ini untuk kita dengan darah mereka. Selamat Hari Kemerdekaan!
Being independent is what we all wanted. Looking back, we fought a mighty battle, And look at us now, we are a mighty country. Happy Independence Day!.
Menjadi merdeka adalah apa yang kita semua inginkan. Menengok ke belakang, kita bertempur dalam peperangan besar, dan lihatlah sekarang, kita adalah negara yang besar. Selamat Hari Kemerdekaan!..
May Almighty grant us all the strength to make this country self-sufficient, happy and prosperous. May this Independence Day be the beginning of a new future!
Semoga Yang Maha Kuasa anugerahkan kita semua kekuatan untuk membangun negara ini berdiri di atas kaki sendiri, bahagia, dan sejahtera. Semoga Hari Kemerdekaan ini menjadi awal dari masa depan yang baru!.
Patriotism is not a badge that you should carry on your shoulder. You should carry it in your heart and let your actions speak for it. happy Independence Day!
Patriotisme bukanlah sebuah lencana yang kamu sematkan di pundakmu. Tapi harus sematkan ke dalam hatimu dan biarkan tindakan kamu yang berbicara. Selamat Hari Kemerdekaan!.
By uniting we stand, by dividing we fall. Independence day is a good time to think who we are and how we got here. God bless our Indonesia!.
Dengan bersatu kita teguh berdiri, dengan bercerai kita runtuh. Hari kemerdekaan adalah waktu yang tepat untuk merenungkan siapa kita dan bagaimana kita dulu mencapainya. Tuhan memberkahi Indonesia kita!.
Sacrificing own life for the country requires a lot of courage, but doing something good for the country only requires a will. Happy Independence Day!
Mengorbankan diri sendiri untuk negara membutuhkan keberanian besar, tetapi melakukan sesuatu yang baik untuk negara hanya membutuhkan kemauan. Selamat Hari Kemerdekaan!.
Let us honour every patriot, because without them, freedom would not have existed. What they did, we can never repay. Happy Independence Day!.
Mari kita hormati setiap pahlawan, karena tanpa mereka, kebebasan takkan ada. Apa yang mereka lakukan, takkan pernah bisa kita bayar. Selamat Hari Kemerdekaan!..
This day is very significant for our country and each of us as its citizens. This is the day when Indonesia was formed. This is the day when we became free and independent officially. This is the day we’ll never forget. Happy Independence Day!.
Hari ini sangat penting bagi bangsa kita dan bagi kita masing-masing sebagai warga negara. Inilah hari tatkala Indonesia dibentuk. Inilah hari tatkala kita menjadi bebas dan merdeka secara resmi. Inilah hari yang takkan pernah kita lupakan. Selamat Hari Kemerdekaan!..
Independence is a special and precious gift of God. May our lives always remain independent, happy Independence Day..
Kemerdekaan adalah karunia Tuhan yang teristimewa dan berharga. Semoga hidup kita senantiasa tetap merdeka, selamat Hari Kemerdekaan .
Today, we stand up so high. Shed those tears as we all remember all that died for me, you and our whole country, risking their precious lives each and every day. To our martyrs, here is our salute. Happy Independence Day..
Hari ini, kita berdiri tegak. Menumpahkan air mata tatkala kita semua mengenang semua yang telah gugur untuk aku, kamu dan seluruh bangsa ini, karna mempertaruhkan hidup mereka yang berharga setiap hari. Bagi para pahlawan kita, inlah penghormatan kami. Selamat Hari Kemerdekaan..
My heart beats with pride when I see the amazing colours of Independence spreading joy and happiness all around us. May the glory of this day be with you forever, happy Independence Day!.
Hatiku berdegup dengan bangga tatkala ku lihat warna-warni kemerdekaan yang menakjubkan sebarkan sukacita dan kebahagiaan di sekitar kita. Semoga gegap gempita hari ini bersamamu selamanya, selamat Hari Kemerdekaan!.
Today is the day, that our nation sings aloud, this is the day, that our liberty bells rings aloud, this is the day we shall start to remember what we truly stands for and celebrate our independence. Happy Independence Day.
Hari ini adalah hari, bahwa bangsa kita bernyanyi lantang, inilah hari, bahwa lonceng kebebasan kita berdentang, inilah hari di mana kita akan mulai mengingat apa yang sebenarnya kita perjuangkan dan rayakan kemerdekaan kita. Selamat Hari Kemerdekaan..
Freedom is in our minds, faith is in our words, pride is in our hearts and great memories are in our souls. Let’s celebrate our great nation on this Independence Day!.
Kemerdekaan ada dalam benak kita, Rasa percaya ada dalam kata-kata kita, kebanggaan ada di hati kita dan kenangan besar ada dalam jiwa kita. Mari kita rayakan bangsa kita yang hebat pada Hari Kemerdekaan ini!.
On this wonderful day, let us all remember and salute the soldiers who lay down their lives to protect our dear nation. Happy Independence Day!.
Pada hari yang indah ini, mari kita semua mengingat dan memberi hormat kepada para penjuang yang menyerahkan nyawa mereka untuk melindungi bangsa kita yang terkasih. Selamat Hari Kemerdekaan!
Let’s make strong decisions to value our dear nation. We will never forget the sacrifice our freedom fighters had made. Now it’s our turn to reform the country. Happy Independence Day!.
Mari kita buat keputusan yang kuat untuk menghargai bangsa kita yang terkasih. Kita takkan pernah melupakan pengorbanan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan kita. Sekarang giliran kita untuk membangun bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan!..
This day is special and we all know why. It brought us freedom and happiness and we will never trade if for anything in the world, right? Happy Independence Day!
Hari ini adalah hari istimewa dan kita semua tahu sebabnya. Hari ini telah menuntun kita pada kemerdekaan dan kebahagiaan dan kita takkan pernah menukarnya dengan apapin di dunia, kan? Selamat Hari Kemerdekaan!.
As you celebrate this day, always have it in mind that no nation is perfect and it can only be made perfect by me and you. Happy independence, proud to be Indonesian!.
Sembari kamu rayakan hari ini, selalu ingatlah bahwa tidak ada bangsa yang sempurna dan hanya bisa dibuat sempurna oleh saya dan Anda. Selamat merdeka, bangga menjadi orang Indonesia !.
Freedom should not be something you have to deserve. It’s something you just naturally have. Something that no one can take away from you. Let’s celebrate Freedom!.
Kemerdekaan seharusnya bukanlah sesuatu karna kamu layak. Namun sesuatu yang secara alami kamu miliki. Sesuatu yang tidak bisa diambil siapa pun dari kamu. Mari kita rayakan kemerdekaan !..
Today is a day to be celebrated,
Today is a day to be happy,
Today is a day to be independent,
So happy Independence Day!.
Hari ini adalah hari untuk dirayakan, 
Hari ini adalah hari untuk berbahagia, 
Hari ini adalah hari untuk merdeka, 
Selamat Hari Kemerdekaan !..
Demikianlah kumpulan ucapan selamat hari kemerdekaan dalam bahasa Inggris beserta terjemahannya yang saya persembahkan untuk sobat-sobat langit biru.

Semoga kiranya kata-kata ucapan selamat hari kemerdekaan bukan sekadar penghias status kita di media sosial, tapi kita bisa memaknainya dan menerjemahkannya dalam keseharian kita. .

Terima kasih sobat sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai berjumpa kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:

https://kbbi.web.id/merdeka (Accessed 2019-05-01)
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/free (Accessed 2019-05-01)
https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/freedom (Accessed 2019-05-01)

0 Response to "25 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia dalam Bahasa Inggris"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel