Percakapan Bahasa Inggris Belanja Pakaian buat Bekal Kamu di Luar Negeri

Siapa sih kira-kira dari kita yang tidak suka belanja? Mungkin para kaum adam yang suka belanja atau kah para kaum hawa yang suka belanja? Menurut kebanyakan orang mengatakan bahwa para wanitalah yang gemar berbelanja dibandingkan para pria. Tentu saja ini hanya pendapat umum. Tidak semua wanita menyukai berbelanja dan tidak semua pria membenci belanja.


Sebuah survei yang di lakukan beberapa tahun silam terhadap 2000 orang Inggris menunjukkan bahwa para pria cenderung merasa bosan hanya setelah kurun 26 menit berbelanja, sementara para wanita menghabiskan waktu 2 jam penuh untuk berbelanja. Survey tersebut juga menunjukkan bahwa sebanyak 80 persen pria tidak menyukai berbelanja dengan pasangan mereka dan 40 persen dari mereka berusaha menghindari berbelanja dengan pasangan mereka dengan segala cara. Hampir separuh dari para pasangan yang pergi berbelanja bersama berakhir dengan perselisihan, para pria menjadi frustrasi karena mereka membeli langsung apa yang mereka butuhkan, sementara pasangan mereka masing sibuk mencari dan menghabiskan waktu yang lama hanya untuk memutuskan apakah ingin membelinya atau tidak.

Apakah sobat gemar berbelanja?

Sudahlah! Kita disini tidak membicarakan siapa yang gemar berbelanja, pria atau wanita, tapi kita akan mengupas apa yang sebaiknya dilakukan dalam kaitannya dengan bahasa Inggris apabila sobat suatu ketika, atau bulan depan atau pekan depan atau besok atau mungkin justru hari ini, berkesempatan pergi keluar negeri dan berkeinginan membeli sesuatu disana untuk oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Berikut beberapa ungkapan yang bisa sobat jadikan bekal, yang jelas bukan uang saku, untuk membekali diri tatkala sobat berkeinginan untuk membeli pakaian entah itu untuk oleh-oleh atau untuk dikenakan sendiri ketika kamu sedang berada di luar negeri yang berbahasa Inggris.


Tawaran Bantuan

Biasanya ketika kita masuk ke sebuah toko pakaian kita akan disambut dengan tawaran bantuan dari seorang pramuniaga diantaranya adalah:

Can / May I help you?
Bisa saya membantu anda?

Can I help you find something?
Dapatkah saya membantu anda menemukan sesuatu?

What can I do for you?
Apa yang bisa saya bantu?

Can / May I give you an assistance?
Adakah yang dapat saya bantu?

How can / may I  give you a service?
Apakah ada yang dapat saya lakukan untuk anda?


Ingin Membeli

Untuk meresponnya, biasanya kita ingin mengutarakan untuk membeli suatu pakaian yang kita butuhkan. Kita dapat menggunakan beberapa ungkapan berikut:

I’m looking for ...
Aku sedang memcari ...

I need. ...for ...
Aku membutuhkan .... untuk... (sebutkan untuk keperluan apa)

I’m trying to find a ….
Aku sedang memcari sesuatu...

Have you got any ...? (ala bahasa Inggris orang Inggris)
Apakah anda memiliki...?

Do you have any ...?  (ala bahasa Inggris orang Amerika)
Apakah anda mempunyai...?

Do you sell …. ?
Apakah anda menjual...?

Do you have any idea where I can find...?
Apakah anda tahu dimana saya bisa menemukan...?

Could you tell me where the …. is, please?
Bisakah minta tolong anda memberitahu dimanakah ...?

I would like to try on....
Saya berkeinginan untuk mencoba...

I would like to get ...
Saya berkeinginan untuk membeli...

I would like to have ...
Saya berkeinginan untuk mencoba...


Hanya Lihat-Lihat

Tapi apabila kita tidak ingin membeli apapun, hanya sekedar melihat-lihat dan cuci mata atau membandingkan harga semata, kamu bisa menggunakan beberapa ungkapan berikut:

I don’t need any help.
Kebetulan saya tidak butuh bantuan.

I’m just browsing, thanks.
Saya hanya sedang melihat-lihat saja, terima kasih.

I’m just window shopping, thanks.
Saya hanya sedang melihat-lihat saja, terima kasih.

No, I’m just looking, thanks.
Tidak, saya hanya melihat-lihat saja, terima kasih.


Minta Bantuan

Apabila sobat tidak ditawarkan bantuan,  mungkin para pramuniaga sedang sibuk melakukan hal lain. Kamu dapat menyela mereka dan meminta bantuannya. Sobat dapat mengunakan beberapa ungkapan di bawah ini.

Excuse me, do you work here?
Permisi, apa anda bekerja disini?

Excuse me, could/ can you do me a favor?
Permisi, bisakah anda membantu saya?

Could you help me please?
Bisakah anda bantu saya?

Can you give me a hand?
Bisakah anda bantu saya?

Sesudah itu, utarakan keinginan sobat dengan menggunakan ungkapan untuk membeli pakaian yang telah dituliskan di atas.


Warna dan Ukuran

Setelah kita mengutarakan keinginan kita, pramuniaga mungkin akan menanyakan ukuran atau warna kesukaan kita seperti berikut.

What size are you?
Berapa ukuran anda?

What size would you like?
Berapa ukuran yang anda inginkan?

What color do you prefer?
Warna apa yang anda sukai?

What color would you like?
Warna apa yang anda inginkan?


Kemudian pramuniaga akan memeriksa dan mencarikan benda atau barang yang kita inginkan. Mungkin dia akan berkata seperti berikut.

One sec(ond) please. I''ll check it.
Mohon tunggu sebentar. Saya akan mencarikannya.

Wait a minute. Let me check it.
Mohon tunggu sebentar. Biar saya carikan dulu.

One moment please. Let me see If I could find it.
Mohon tunggu sebentar. Mungkin saya dapat mencarikannya untuk anda. 


Letak Kamar Pas

Selang kemudian, pramuniaga membawakan pakaian yang kita cari. Untuk memastikan ukurannya sesuai atau nyaman dikenakan di badan kita, serta warnanya sesuai dengan pilihan dan pantas kita kenakan, maka kita mungkin akan mencobanya di ruang ganti sebelum memutuskan untuk membelinya. Sobat dapat menggunakan beberapa ungkapan berikut.

Where is the changing/ fitting room?
Dimanakah ruang gantinya?

Is there somewhere I can try it/ this/ them on, please?
Apakah ada ruangan dimana saya mencobanya?

Mungkin pramuniaga tersebut akan menjawabnya dengan menunjukkan letak ruang ganti sebagai berikut.

The changing/ fitting room is that way.
Ruang ganti ada di sebelah sana.

It's over there, in the corner.
Di pojok sebelah sana.


Ukurannya Pas atau Tidak

Usai kita mencoba pakaian tersebut, kita mungkin merasa ukurannya tidak sesuai dikenakan di badan atau warnanya kurang cocok menurut selera kita, maka kita bisa mengutarakannya dengan ungkapan berikut.

It’s too long / too short. It’s too tight / too loose.
Pakaiannya terlalu panjang/ terlalu pendek/ terlalu ketat/ terlalu longgar.

This doesn’t fit / These don’t fit.
Ukurannya tidak sesuai.

This is too big / small.
Pakaiaannya kebesaran/ kekecilan.

Do you have a smaller/bigger/larger size?
Apakah anda punya ukuran yang lebih kecil/ lebih besar/ lebih longgar?

Does it come in (black/ red/ green)?
Apakah ada yang berwarna (hitam/ merah/ hijau?

Do you have this in [a different color / a brighter color / black]?
Apakah pakaian ini ada yang (berbeda warna/ lebih terang/ gelap?

What other colors do you have?
Warna apa saja yang tersedia?

Tapi kalau sobat merasa ukuran dan warna sesuai dengan pilihan, sobat bisa mengungkapkannya berikut ini.

This suits me fine.
Pakaian ini sangat pas dibadan.

This is perfect.
Pakaian ini terlihat sempurna.

This fits perfectly.
Pakaian ini pas sekali.


Berapa Harga

Setelah merasa pakaian sudah sesuai dan cocok, mungkin kita ingin segera membelinya, tapi sebelum memutuskannya, kita mungkin akan menanyakan harga pakaiannya. Kita dapat mengunakan ungkapan berikut.

What is the price?
Berapa harganya?

How much is this...? (digunakan menanyakan harga untuk satu pakaian)
Berapa harganya...?

How much are these ...?  (digunakan menanyakan harga pakaian berjumlah lebih dari satu)
Berapa harga yang ini...

How much does this/ it cost? (digunakan menanyakan harga untuk satu pakaian)
Berapa harga yang satu ini...?

How much do these/ they cost? (digunakan menanyakan harga pakaian berjumlah lebih dari satu)
Berapa harga yang ini...


Murah atau Mahal

Pramuniaga mungkin akan meresponnya dengan menyebutkan harganya. Setelah mendengar harga yang disebutkan, mungkin respon kita merasa harganya sesuai atau terlalu mahal untuk kita. Kita dapat mengutarakan dengan ungkapan berikut.

Wow, that’s cheap!
 Oh hargar murah sekali!

Oh, that’s expensive.
Oh, harga mahal.

That’s quite reasonable.
Harganya pantas.

That’s a little over my budget.
Harganya melebihi anggaran saya.


Jadi Ambil

Apabila harganya sesuai dan kita memutuskan untuk membelinya, kita dapat menggunakan ungkapan di bawah ini.

I’ll take it.
Saya jadi membelinya.

I’ll take this, please.
Saya mengambilnya/ membeli yang ini.

Tapi kalau sebaliknya, ada beberapa pakaian yang dipilih dan ingin dibeli, tapi ada pula yang tidak jadi dibeli. Gunakan ungkapan berikut.

I’ll leave this.
Saya tidak jadi yang ini.

Ketika akan membayar mungkin sobat akan ditanya apakah metode pembayarannya tunai atau dengan kartu kredit. pertanyaan mungkin akan seperti ini.

Will you pay by cash or by credit card?
Apakah anda membayar tunai atau dengan kartu kredit?


Demikian ungkapan yang bisa dipilih dan digunakan. Untuk lebih jelas mengenai situasinya, sobat bisa melihat contoh percakapan di bawah ini.

Percakapan Bahasa Inggris belanja pakaian
Percakapan Bahasa Inggris belanja pakaian  - langitbirukata.com

Berikut model percakapan bahasa Inggris yang dapat sobat terapkan dan kamu dapat menyesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya dengan menggunakan beberapa ungkapan bahasa Inggris di atas.

Percakapan Belanja Pakaian Bahasa Inggris.


Shopping for Clothes
Shop assistant Can I help you?
Bisa saya bantu?
Jean Hello, yes, I’d like to try on the black skirt I saw in the window.
Helo, ya. Aku ingin mencoba rok hitam yang aku lihat di etalase
Shop assistant Certainly, madam. What size are you?
Tentu, Ibu. Berapa ukuran anda?
Jean I’m not sure about the sizes here. I’m a European size forty.
Aku tidak yakin dengan ukuran disini. Ukuran ku 14 ukuran orang Eropa.
Shop assistant Okay, let me see. I think that’s a size fourteen here. Here you are.
Baiklah, Biar saya carikan. Saya rasa ukuran 14 ada di sebelah sini. Ini roknya.
Jean Thanks. Where are the changing rooms?
Terima kasih. Di mana ruang gantinya?
Shop assistant Over there in the corner.
Ada di pojok sebelah sana.
Jean I’m sorry, but this doesn’t fit. The size fourteen is a bit too big for me. Have you got a smaller size?
Maaf, tapi rok ini, ukurannya tidak cocok. Ukuran 14 terlalu besar untuk aku. Apakah kamu punya ukuran yang lebih kecil?
Shop assistant You’ll be a size twelve then. Let me check . . . No, sorry, we don’t have any more black skirts in a size twelve. What about a different color?
Ukuran anda berarti 12 kalau begitu. Biar saya cari…Maaf, kami kehabisan yang berwarna hitam dengan ukuran 12. Bagaimana kalau warna yang lainnya?
Jean I do like the style very much. What other colors do you have?
Aku suka sekali dengan corak modelnya. Warna apa saja yang ada?
Shop assistant Dark grey, green and brown.
Warna abu-abu tua, hijau dan warna coklat.
Jean This dark grey looks nice. I’ll try that in a size twelve. And I’ll also try that grey sweater with it, in a size twelve.
Yang berwarna abu-abut tua terlihat indah. Aku akan mencoba yang berukuran 12. Aku juga ingin mencoba baju rajut warna abu-abu dengan ukuran 12.
Jean tries on the second skirt and jumper, and goes back to the shop assistant.
Jean mencoba roknya dan baju rajutnya dan setelah itu kembali ke pramuniaga.
Jean Okay, this skirt fits perfectly. I’ll take it, but I’ll leave the jumper: the style is a little too short.
Baiklah, Ukuran rok sesuai. Aku akan membelinya, tapi saya tidak jadi membeli baju rajutnya. Modelnya terlalu pendek.
Shop assistant Certainly, madam. Will you pay by cash or credit card?
Tentu, Ibu. Apakah anda ingin membayar dengan uang tunai atau dengan kartu kredit?
Jean Cash, please.
Uang tunai.
Shop assistant Right. That’s eighty-three pounds seventy-five in total.
Baik. Harga semuanya 83.75 ponsterling.
Jean Here you go. Thanks.
Ini dia uangnya. Terima kasih.
Shop assistant Goodbye
Sampai jumpa.
Jean Bye.
Dah.

Sobat dapat memadu padankan beberapa ungkapan tersebut di atas dengan contoh model percakapan belanja pakaian sehingga sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Selamat berbelanja. Jangan lupa oleh-oleh buat saya, he he he bercanda.

Terima kasih atas kunjungannya dan sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel. Semoga kiranya menjawab semua rasa ingin tahu sobat. Sampai berjumpa di artikel berikutnya.


Referensi

https://www.myenglishteacher.eu/blog/shopping-vocabulary/(accessed 2017 - 03 -20)
https://www.psychologytoday.com/blog/out-the-darkness/201402/why-men-dont-shopping-and-most-women-do (accessed 2017 - 03 -20)

0 Response to "Percakapan Bahasa Inggris Belanja Pakaian buat Bekal Kamu di Luar Negeri"

Post a Comment

Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel