Tahukah Kamu Bedanya How Are You, How Are You Doing dan How Do you Do?

How are you? atau how are you doing? ataukah how do you do? yang sebaiknya kita tuturkan tatkala kita bertemu seseorang? Kapan dan dalam situasi seperti apa, kita dapat mengujarkan pertanyaan-pertanyaan ini?. Tidak hanya berhenti di situ, ketiga pertanyaan ini pula tidak jarang membuat sebagian para pemula pembelajar bahasa Inggris geleng-geleng kepala lantaran bingung bagaimana cara merespon ketiga pertanyaan tersebut.

Mungkin beberapa pertanyaan di atas juga menjadi pertanyaan sobat kali ini? Jika memang demikian, kamu tidak salah dan dapat meneruskan membaca artikel ini.

Sebagai langkah awal, dan gambaran sepintas untuk mengamati perbedaan ketiga pertanyaan bahasa Inggris di atas, kamu dapat mencermati tiga pertanyaan dalam bahasa Indonesia berikut ini.

Bagaimana keadaan kamu?
Gimana keadaan kamu?
Bagaimana kabar Anda?

Apakah sobat dapat membedakan ketiga pertanyaan bahasa Indonesia di atas? Apa perbedaan arti antara tiga pertanyaan tersebut? Apakah penggunaannya ketiga pertanyaan tersebut sama? Jika kamu dapat menjawabnya dengan mudah, maka saya bisa memastikan kamu pun dapat dengan mudah membedakan tiga pertanyaan dalam bahasa Inggrisnya.


Ketiga pertanyaan bahasa Indonesia tersebut merupakan padanan untuk ketiga pertanyaan; how are you?; how are you doing? dan how do you do? yang biasanya kita tuturkan untuk menanyakan kondisi atau keadaan seseorang yang kita temui. Lantas, apa yang membedakan antara ketiga pertanyaan tersebut? Ya, mungkin ini juga merupakan pertanyaan sobat.

Berikut ini kita akan menelusuri persamaan dan perbedaan ketiga pertanyaan ini dalam catatan di bawah ini.

Perbedaan How Are You, How are You Doing dan How Do You Do
Perbedaan How Are You, How are You Doing dan How Do You Do - langitbirukata.com



How are you? atau how are you doing? ataukah how do you do? merupakan salah tiga dari beberapa Pelbagai Sapaan dalam Bahasa Inggris yang biasanya digunakan dalam sebuah percakapan bahasa Inggris. Ketiga pertanyaan ini oleh para ahli bahasa dikategorikan sebagai ujaran basa basi, sebagai bagian dari sopan santun dalam berbicara. Bergantung pada konteks dan dengan siapa kamu berbicara, pada umumnya, ketiganya dituturkan ketika kamu bertemu dengan seseorang yang baru dikenal, teman, atau mungkin sahabat atau keluarga sendiri. Jadi ketiga pertanyaan ini pada dasarnya mempunyai peran yang sama yaitu berperan sebagai sapaan atau dalam bahasa Inggris disebut greeting kendati demikian ketiganya tidak memiliki perbedaan arti.


How Are You?

Pertanyaan ini mungkin merupakan bentuk sapaan yang paling umum dan telah dikenal oleh kebanyakan pembelajar bahasa Inggris tatkala berkenalan dengan pelajaran bahasa Inggris. Biasanya sapaan yang satu ini, tentu saja bergantung dari maksud dan konteks dari si penanya, menanyakan perihal keadaan atau kondisi kesehatan, biasanya merujuk pada kondisi fisik, tidak hanya mencakup keadaan fisik, tapi juga termasuk kondisi mental, dari lawan bicara. Singkatnya, pertanyaan ini dapat diartikan:

How are you?
Bagaimana kabar kamu?

Dalam berbagai situasi, pertanyaan ini dituturkan tatkala sobat ingin membuka sebuah obrolan untuk mencairkan suasana yang mungkin saja pada awalnya sedikit agak kaku ataupun untuk mengawali sebuah perkenalan dengan orang yang baru dikenal.

Dalam situasi formal, seseorang yang menuturkan ujaran ini sebenarnya tidak ingin tahu secara rinci mengenai kondisi keadaan kamu seperti halnya catatan kesehatan atau rekam medis kamu. Dengan kata lain, dia hanya ingin bersikap santun. Jawaban yang umum digunakan untuk merespon pertanyaan ini biasanya adalah:

Oh, I'm fine, thanks. And you?
Saya baik saja. Terima kasih. Dan bagaimana dengan kamu?

Namun, tentu saja, kamu sebaiknya tidak meresponnya dengan dengan jawaban I'm fine apabila yang bertanya adalah sahabat dekat kamu atau dokter kamu.


How Are You Doing?

I am reading a book atau diterjemahkan saya sedang membaca buku. Begitulah kira-kira jawaban dari kebanyakan pemula pembelajar bahasa Inggris tatkala diajukan pertanyaan how are you doing? Apakah memang demikian?

Pertanyaan yang satu ini oleh sebagian pemula pembelajar bahasa Inggris acap kali disamakan dengan pertanyaan what are you doing? Sehingga pertanyaan how are you doing? sering ditanggapi dengan jawaban yang mengutarakan tentang kegiatan yang dilakukan sekarang. Mungkin lantaran terdapat kata-kata kata are you doing dalam pertanyaan tersebut. Padahal, pertanyaan ini tidak menanyakan kegiatan yang sedang kita kerjakan saat ini.

How are you doing? sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pertanyaan how are you? Hanya saja, situasi penggunaannya yang berbeda. Kamu dapat menuturkan how are you doing? tatkala kamu berada dalam situasi percakapan tidak terlalu formal, akrab dan santai. Singkatnya, pertanyaan ini dapat memiliki arti:

How are you doing?
Gimana keadaan kamu?

Pertanyaan ini seperti disebutkan sebelumnya untuk mengawali sebuah obrolan dengan orang yang sudah cukup kamu kenal. Jadi, ujaran ini tidak cocok digunakan dalam situasi formal misalnya dalam pertemuan bisnis.

Pertanyaan how are you doing? ini sangat kental berbau bahasa Inggris ala Amerika lantaran sering digunakan oleh penutur bahasa Inggris di Amerika Serikat. Dan pertanyaan ini semakin dikenal dan menjadi populer oleh serial TV Amerika yang berjudul Friends sehingga hingga saat ini pertanyaan ini cukup sering digunakan oleh kalangan umum, terutama kalangan muda.

Biasanya pertanyaan how are you doing ini direspon dengan jawaban:

I'm doing fine.
Keadaanku baik aja.

Atau jawaban singkatnya, good, Atau juga I'm good. Dan bisa juga diikuti dengan pertanyaan serupa, and how are you doing?


How Do You Do?

Pertanyaan yang satu ini merupakan bentuk ujaran yang paling formal dibanding dengan kedua sapaan sebelumnya. Meskipun demikian, pertanyaan yang satu ini merupakan sapaan tempo doeloe. Sapaan ini dulunya umum digunakan oleh kalangan atas atau kalangan kerajaan. Namun, perkembangannya sekarang terbatas pada situasi sangat formal.

Sobat dapat menggunakan how do you do untuk menyapa seseorang atau mengawali sebuah pembicaraan waktu kali pertama. Saat ini, pertanyaan atau ujaran ini sudah sangat jarang dituturkan di antara teman, sahabat dan anggota keluarga, mungkin lantaran ujaran ini terkesan sangat formal jika digunakan di antara orang-orang terdekat.

Sapaan how do you do? terasa sekali kesannya berbau bahasa Inggris ala orang Inggris. Sehingga tepat sekali jika kamu menuturkannya ketika kamu diperkenalkan dengan ratu Inggris atau anggota keluarga kerajaan Inggris. Yang kita rasakan ketika ujaran ini dituturkan membawa kesan keren, terhormat dan berkelas. Pertanyaan how do you do pada umumnya dapat berperan seperti sapaan hello yang sangat formal dan biasanya pula ditanggapi dengan hello. Singkatnya sapaan ini dapat kamu artikan:

How do you do?
Helo!

Dan untuk menanggapi sapaan ini, kamu dapat menggunakan ungkapan yang sama:

How do you do?
Helo!

Atau dalam situasi tertentu lainnya, pertanyaan ini dapat pula berarti:

How do you do?
Bagaimana kabar Anda?

Dan kemudian kamu dapat menanggapinya dengan:

I'm very well, thank you.
Saya baik saja, terima kasih.

Di Amerika Serikat, dalam bahasa Inggris Amerika moderen, ujaran ini merupakan cara sangat formal untuk menyapa seseorang ketika bertemu seseorang kali pertama meskipun sapaan ini mulai jarang terdengar dalam keseharian penutur asli di Amerika.

Biasanya pada situasi formal, si penutur how do you do? hanya ingin bersikap hormat atau santun, tidak mengharapkan jawaban dari kamu sehingga sering kali direspon dengan ujaran yang sama, how do you do.

Sapaan how do you do? pada konteks ini lebih merupakan sebuah ungkapan etika bersopan santun dibandingkan sebuah pertanyaan ketika kamu berkenalan dengan seseorang saat kali pertama. Ujaran ini sepadan dengan ungkapan nice to meet you. Singkatnya, sapaan ini dapat memiliki arti:

How do you do?
Senang bertemu dengan Anda.

Dan untuk menanggapi sapaan ini, kamu dapat menggunakan ungkapan yang sama:

How do you do?
Senang bertemu dengan Anda.

Ataupun jika kamu ingin menjawabnya dengan kata-kata very well. Dan mungkin kamu dapat melanjutkannya dengan pertanyaan serupa, how do you do?


Kesimpulan

Pendek kata, untuk memilih pertanyaan manakah yang sobat gunakan ketika kamu bertemu seseorang, kamu perlu mencermati dengan siapa kamu berbicara, apakah dengan teman, apakah dengan anggota keluarga, dengan sahabat ataukah dengan rekan bisnis, ataukah dengan orang kalangan bangsawan. Di samping itu pula, kamu sebaiknya mengetahui situasi seperti apa ketika kamu mengujarkan ketiga sapaan tersebut, apakah situasi formal, semi formal atau situasi tidak formal.

Demikianlah, catatan seputar perbedaan penggunaan pertanyaan how are you?, how are you doing dan how do you do? Sekiranya artikel ini dapat menjawab rasa ingin tahu sobat. Terima kasih telah meluangkan waktu sobat untuk membaca artikel ini. Sampai bertemu kembali dengan artikel lainnya.


Referensi:

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/how-do-you-do  (accessed 2017-10-09)
https://ell.stackexchange.com/questions/4526/do-you-really-answer-how-do-you-do-with-how-do-you-do (accessed 2017-10-09)
https://ell.stackexchange.com/questions/46464/ (accessed 2017-10-09)
https://english.stackexchange.com/questions/16312/do-you-really-answer-how-do-you-do-with-how-do-you-do (accessed 2017-10-09)
http://www.learnersdictionary.com/qa/What-do-you-do-How-do-you-do- (accessed 2017-10-09)

2 Responses to "Tahukah Kamu Bedanya How Are You, How Are You Doing dan How Do you Do?"

  1. Terima kasih. Sangat membantu. Semoga selalu memberikan informasi menarik dan bermanfaat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. You're very welcome. Glad to know you find it useful.

      Delete
Silakan berkomentar yang santun dan sesuai topik. Hanya komentar yang memenuhi kebijakan yang akan ditampilkan. Baca selengkapnya di Kebijakan Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel